PAN Ungkap Agenda Pertemuan KIB Nanti Malam di Kediaman Ketum Golkar, Ini yang akan Dibahas
Ketum PAN Zulkifli Hasan (kiri) bertumpu tangan dengan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) dan Plt Ketum PPP Mardiono (kanan) saat temu KIB, Rabu 30 November. (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) mengungkap agenda pertemuan tiga ketua umum partai politik di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang akan digelar pada malam ini, Kamis, 27 April.

Rencananya, pertemuan akan berlangsung di kediaman Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. 

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi, mengatakan agenda pertama yakni halal bihalal lebaran sembari makan ketupat dan bermaaf-maafan. Kegiatan ini, kata dia, dilakukan agar hidup kembali suci dan bersih.

"Bang Zulkifli Hasan, Ketum PAN, akan bertemu untuk bersilaturahmi lebaran dengan Pak Airlangga ketum Golkar, dan Pak Mardiono, ketum PPP. Untuk tempat silaturahminya, tuan rumahnya adalah Golkar," ujar Viva Yoga dalam keterangannya, Kamis, 27 April. 

Agenda kedua, yakni membahas terkait pengambilan keputusan terkait capres dan cawapres KIB pasca PPP mengumumkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024. 

"Kedua, mematangkan dalam proses pengambilan keputusan menetapkan pasangan calon yang akan diusung di Pemilu Presiden 2024," ungkap Yoga.

Ketiga, hal lain yang akan dibahas adalah soal tindaklanjut rencana pembentukan koalisi besar yang disebut Koalisi Kebangsaan. Koalisi ini digagas oleh lima ketum parpol pendukung pemerintah di markas PAN pada bulan Ramadan kemarin. 

Koalisi Kebangsaan ini rencananya menggabungkan KIB dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang dibentuk Gerindra dan PKB. Termasuk mengajak PDI Perjuangan. 

Viva berharap, koalisi besar itu mampu mewujudkan kemenangan pasangan calon (paslon) yang akan diusung pada Pilpres 2024 nantinya.

"Agar dapat menambah basis sosial dan konstituen agar paslon yang akan diusung memiliki potensi besar untuk memenangi pilpres," jelas Viva Yoga. 

Sebelumnya, rencana pertemuan KIB malam ini disampaikan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Dia menyebut, pertemuan akan dihadiri dirinya, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, dan Plt Ketum PPP Mardiono.

"Kalau KIB, besok malam kami ketemuan. Besok malam sama Pak Airlangga kita ketemuan. Saya, Pak Airlangga, dan Pak Mardiono tanggal 27 (April)," kata Zulkifli di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 26 April. 

"(Pertemuan) di tempat Pak Airlangga. Saya kira begitu," imbuhnya.

Namun, Zulhas belum mau memberikan penjelasan apa yang akan dibahas dalam pertemuan nanti malam.