Bagikan:

JAKARTA - Partai Persatuan Pembangunan (PPP), resmi mengumumkan Gubernur Jawa Tengah yang juga kader PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (capres) yang akan didukung pada pemilihan presiden (pilpres) 2024 mendatang.

Usai pengumuman tersebut, Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno, mengungkapkan ketua umum parpol yang tergabung di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) mengagendakan pertemuan di kediaman Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto pada Kamis, 27 April, besok.

Pertemuan itu, kata Eddy, untuk membahas posisi KIB sekaligus nama-nama yang akan diusung sebagai capres dari koalisi Golkar, PAN dan PPP di Pilpres 2024.

"Dalam pertemuan antara ketum KIB yang dilaksanakan besok Kamis di kediaman Pak Airlangga, akan bahas intensif posisi KIB, posisi masing-masing partai dalam KIB terkait pandangannya soal Pilpres. Siapa yang akan jadi prioritas didorong partai KIB tentu akan dibahas," ujar Eddy kepada wartawan, Rabu, 26 April.

Kendati demikian, Eddy menyatakan, sebagai mitra koalisi di KIB, PAN menghormati keputusan PPP yang telah resmi mengusung Ganjar. Nantinya, kata dia, KIB akan mengupayakan musyawarah mufakat untuk menyamakan persepsi siapa capres dan cawapres yang akan diusung.

"Kita utamakan kebersamaan dan adanya musyawarah mufakat untuk penyamaan persepsi siapa yang akan didorong capres atau cawapres dari KIB maupun Koalisi Kebangsaan ke depan. Kita harapkan akan terjadi beberapa waktu ke depan," jelasnya.

Menurut Eddy, pembicaraan mengenai Pilpres 2024 ke depan juga akan melibatkan PDI Perjuangan. Terutama terkait rencana pembentukan Koalisi Kebangsaan yang digagas lima ketum parpol pendukung pemerintah.

"Kami yakini pembicaraan ke depan akan menyertakan PDIP," ungkapnya.

Diketahui, pengumuman Ganjar sebagai capres PPP berlangsung di Sleman, Yogyakarta, yang dimulai pada pukul 15.00 WIB bersamaan dengan kegiatan pasar rakyat.

Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono mengatakan keterpilihan Ganjar sebagai bacapres PPP telah melalui musyawarah dan kajian mendalam sebagai hasil dari rapat pimpinan nasional (Rapimnas) V DPP PPP yang digelar pada 23-25 April 2023.

"Dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim, Partai Persatuan Pembangunan memutuskan bapak H. Ganjar Pranowo sebagai calon presiden Republik Indonesia pada pemilihan umum 2024 yang akan datang," ujar Plt Ketua Umum PPP Mardiono saat pengumuman capres, Rabu, 26 April.