Bagikan:

JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto ogah mengomentari apapun terkait Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Termasuk soal pencopotan Brigjen Endar Priantoro sebagai Direktur Penyelidikan (Dirlidik) lembaga antirasuah tersebut.

"Dan tidak ada pertanyaan yang lebih menarik dari pertanyaan tentang KPK," ujar Karyoto kepada wartawan, Rabu, 12 April.

Ketidak inginannya berbicara soal KPK karena saat ini Karyoto tak lagi bertugas di lembaga pemberantas korupsi tersebut.

Tetapi, ia sudah menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya berdasarkan surat telegram rahasia (STR) yang dikeluarkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Mohon maaf kali ini saya tidak akan banyak bicara tentang KPK karena saya sudah menjadi Kapolda Metro Jaya," kata Karyoto.

Irjen Karyoto merupakan salah satu anggota Polri yang pernah bertugas di KPK. Ia sempat menjabat sebagai Deputi Penindakan.

Namun, Ketua KPK Firli Bahuri meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk menariknya kembali ke Korps Bhayangkara dengan alasan agar Irjen Karyoto dan Brigjen Endar Priantoro mendapat promosi jabatan.

Hanya saja, Kapolri meminta bila Brigjen Endar Priantoro tetap bertugas sebagai Direktur Penyelidikan. Alasannya, agar KPK tak melemah dalam pemberantasan tindak pidana korupsi