Bagikan:

JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengapresiasi Kapolri Jenderal Listyo Sigit yang memberi promosi jabatan pada Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Irjen Karyoto sebagai Kapolda Metro Jaya. Dia berterima kasih atas amanah yang diberikan.

"Selamat dan terima kasih kepada Kapolri yang telah memberikan amanah kepada insan KPK yang bersumber dari Polri, Bapak Karyoto, atas promosi jabatan barunya sebagai Kapolda Metro Jaya," kata Firli kepada wartawan dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 29 Maret.

Firli menyebut Karyoto sudah cocok menjadi Kapolda Metro Jaya karena dia sudah tahunan mengabdi di KPK. KPK dipastikan sejak awal mendukung promosi ini.

"Pak Karyoto sudah tiga tahun bertugas di KPK sebagai Deputi Penindakan dan Eksekusi," tegasnya.

Promosi ini diyakini sesuai dengan semangat KPK untuk mendorong karir para pegawai.

"Termasuk kepada insan komisi yang bersumber dari instansi lainnya agar mempunyai kesempatan kembali berkarier di instansi asalnya," ungkap Firli.

Sebelumnya, penunjukan Karyoto sebagai Kapolda Metro Jaya tertuang dalam ST/713/III/Kep./2023 tanggal 27 Maret 2023 yang ditandatangani Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono. Dia menggantikan Irjen Fadil Imran yang ditunjuk sebagai Kabaharkam Polri.

Terkait hal itu, Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango mengatakan pelaksana tugas bakal segera ditunjuk dari pihak internal. Sosok ini akan bekerja sambil menunggu hasil seleksi.

"Selama ini penunjukan Plt dari internal saja," kata Nawawi kepada wartawan