Bagikan:

JAKARTA - Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin menyebut pihaknya menerjunkan ribuan jajaran Satpol PP untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama musim mudik hingga Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah.

"Kalau personel Satpol PP untuk siaga, jumlah keseluruhan yang disiagakan itu berbeda beda. Hari ini si A, besok B, bergantian, itu lebih kurang sebanyak 2.500 personel," kata Arifin kepada wartawan, Rabu, 12 April.

Dengan disiagakannya ribuan personel, dipastikan mereka tidak mendapat libur dan cuti bekerja, sehingga tak bisa mudik ke kampung halaman saat Hari Lebaran nanti.

"Memang tugas kami setiap tahun Idulfitri tidak cuti karena memang Satpol PP ditugaskan di berbagai tempat setiap Idulfitri," ucap Arifin.

Saat hari raya nanti, Satpol PP bakal mengawasi tempat-tempat rekreasi dan ruang publik yang ramai dikunjungi masyarakat yang berlibur sejak pagi hingga sore hari.

"Tempat rekreasi utamanya Ragunan, di Taman Mini, di Ancol, Kota Tua, bahkan di Danau Sunter atau di ruang-ruang publik, kami hadir di situ untuk memastikan keamanan ketertiban keteraturan terjaga," tuturnya.

Lalu, pada malam harinya, jajaran Satpol PP berpatroli di kawasan permukiman warga. Sebagaimana diketahui, jelang Lebaran, banyak rumah yang kosong karena ditinggal warga mudik ke kampung halaman.

"Kita patroli bersama-sama masyarakat yang ada komunitas, Pak RT, Pak RW, kepolisian, binmas, babinsa, kita patroli bareng. Jangan sampai rumah yang ditinggal mereka pulang, ternyata rumahnya kecolongan, pencurian, dan sebagainya," ujar Arifin.