Ukraina Terima Tank Challenger 2 hingga Stryker, Menteri Pertahanan Reznikov: Mesin-mesin Ini Segera Memulai Misi Tempurnya
Bantuan kendaraan lapis baja Barat untuk Ukraina. (Twitter/@DefenceU)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov mengacungkan jempol kepada Inggris, ketika ia menaiki apa yang ia katakan sebagai tank tempur utama Challenger 2 Inggris pertama yang tiba di Ukraina, bersama dengan sejumlah kendaraan lapis baja dari negara lain.

Pada Bulan Januari, Inggris mengatakan bahwa mereka akan mengirimkan 14 tank tersebut ke Ukraina, yang sedang mempersiapkan kemungkinan serangan balasan terhadap pasukan Rusia yang menginvasi 13 bulan yang lalu.

Reznikov menulis di Twitter bahwa tank-tank tersebut "baru saja tiba di negara kami", mengunggah sebuah video yang menunjukkan dirinya duduk di salah satu barisan panjang tank di sebuah lapangan terbuka, semuanya mengibarkan bendera kuning dan biru Ukraina.

"Senang sekali bisa menjajal MBT (tank tempur utama) Challenger 2 Ukraina yang pertama," tulis Reznikov, melansir Reuters 28 Maret.

"Mesin-mesin fantastis ini akan segera memulai misi tempurnya," lanjutnya.

Dalam video tersebut, ia mengacungkan jempol dan berterima kasih kepada Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace untuk tank-tank tersebut.

"Luar biasa, Ben. Ini... barang yang sangat bagus. Terima kasih banyak dari Ukraina untuk Inggris," katanya dalam bahasa Inggris.

Sementara dalam unggahan terpisah di Twitter, Kementerian Pertahanan Ukraina memamerkan sejumlah kendaraan lapis baja dari Barat, bersama dengan Challenger 2.

"Mereka telah tiba! Stryker dan Cougar dari Amerika Serikat, Challenger dari Inggris, Marder dari Jerman telah resmi bergabung dengan Pasukan Penyerang Ukraina. Kendaraan terhebat untuk prajurit terbaik. Maju terus!," cuit kementerian.

"Dikirim oleh Inggris untuk mempertahankan Ukraina," cuit PM Inggris Rishi Sunak, mengomentari cuitan Kementerian Pertahanan Ukraina.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Pertahanan Jerman mengatakan pada Hari Senin, sebanyak 18 tank Leopard 2 dan 40 kendaraan tempur infanteri Marder juga telah tiba di Ukraina.