Sapi yang Lepas di Tol Cengkareng Akhirnya Dipotong, Polisi: Ini Hewan, Bukan Orang dan Sulit Dievakuasi
Sapi yang masuk ke jalan Tol Cengkareng dipotong/ Foto: IST

Bagikan:

TANGERANG - Polisi terpaksa memotong hewan sapi yang sempat berkeliaran di area Tol Cengkerang-Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangerang, Kamis, 16 Malam. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya sesuatu yang tidak dinginkan.

Kasatlantas Polresta Bandara Soekarno-Hatta, Kompol Bambang Askar Shodiq mengatakan pemotongan sapi itu terjadi di area Parit Bandara Soekarno Hatta, Jumat, 17 Maret.

“Kita berfikir bahwa keselamatan warga adalah yang tertinggi bang. Karena evakuasi pun susah. Ini bukan evakuasi orang, atau pun barang. Ini hewan, kita prediksinya jangan sampai mengambil risiko,” kata Bambang saat dikonfirmasi, Jumat, 17 Maret.

Bambang menuturkan pemotongan ini juga atas persetujuan dari pemilik hewan. Sehingga dengan keputusan itu, sapi itu akhirnya dilakukan penyembelihan atau penjagalan.

“Iya ada kesepakatan, kita kan jangan sampai ada yang ini ya, kan pengurus kita panggil dia enggak bisa, enggak mampu ya sudah potong saja daripada permasalahan baru dan kita tidak ingin timbul permasalahan baru,” ucapnya.

Selain itu, alasannya dilakukan pemotongan sapi tersebut. Tujuannya untuk mencegah terjadinya pengendara yang ingin melihat-lihat hewan tersebut di sekitaran Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangerang.

“Agar tidak menjadi pusat perhatian masyarakat yang dapat sebabkan kemacetan, anggota kami tergelar mencegah agar tidak ada masyarakat yang menonton pada saat proses evakuasi,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Bambang mengimbau kepada pelaku usaha yang membawa muatan apapun dalam berkendara, agar diperhatikan kesiapan dari penyanggah bawaanya. Hal bertujuan untuk mencegah terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

“Pihak pelaku usaha, itu harus menyiapkan segala sesuatunya, termasuk armada pengangkutnya. Jadi mulai dari pengecekan dari awal kesiapan pengemudinya, kesiapan kendaraannya serta harus dipastikan muatan yang diangkut ini benar-benar aman,” tutupnya.

Dua ekor sapi terlihat berlari memasuki jalan P1 Bandata Soekarno Hatta, Kota Tangerang. Hal ini terjadi dikarena truk bermuatan sapi itu terguling sebelum Tol Cengkareng, Jakarta Barat.

Kasatlantas Polresta Bandara Soekarno-Hatta, Kompol Bambang Askar Shodiq membenarkan adanya peristiwa tersebut. Kejadian itu terjadi pada Kamis, 16 Maret, pukul 20.00 WIB.

“Tejadi kecelakaan truk yang mengangkut hewan ternak di sebelum gerbang tol cengkareng. Hanya saja ada dua ekor sapi yang masuk ke wilayah Bandara Soekarno-Hatta, setelah lepas itu,” kata Bambang kepada wartawan di lokasi, Kamis, 16 Maret, sekiranya malam hari.

Bambang mengakui, ada dua pengendara taksi yang sempat terserempet hewan-hewan tersebut. Kendati demikian, tidak terjadi gangguan yang cukup parah, sehingga aktivitas tetap berjalan normal.

“Jadi dua kendaraan pengemudi taksi yang melaporkan ke kami. Bahwa telah menabrak hewan ternak di km 28 arah Bandara (soetta),” ucapnya.