Militer Korea Selatan Siapkan Konsep <i>'Kill Web'</i> untuk Mengantisipasi Ancaman Nuklir dan Rudal Korea Utara
Ilustrasi rudal Korea Utara. (Sumber: KCNA)

Bagikan:

JAKARTA - Militer Korea Selatan akan membawa konsep operasional yang lebih efektif dengan tujuan menetralkan ancaman dari sistem nuklir dan rudal Korea Utara yang terus berkembang, bahkan sejak tahap prapeluncuran, kata Kementerian Pertahanan.

Kementerian meluncurkan skema untuk memperkenalkan konsep "Kill Web" sebagai bagian dari rencana dasar untuk Inovasi Pertahanan 4.0, sebuah inisiatif oleh Pemerintahan Presiden Yoon Suk-yeol untuk memanfaatkan teknologi mutakhir, termasuk kecerdasan buatan (AI), untuk membangun negara yang lebih cerdas dan militer yang lebih kuat.

Kill Web mengacu pada peralatan berlapis-lapis namun terintegrasi yang menggunakan operasi dunia maya, taktik perang elektronik, dan cara lain untuk mengganggu sekaligus meniadakan langkah musuh untuk menembakkan rudal bahkan sebelum peluncurannya, menurut seorang pejabat kementerian yang tidak mau disebutkan namanya.

Sementara sistem pemogokan preemptif Kill Chain saat ini dirancang untuk melakukan misi darurat dalam proses linier dan berurutan, Kill Web adalah pendekatan fleksibel yang memungkinkan petugas lapangan membuat penyesuaian pada keputusan target awal mereka untuk mengoptimalkan operasi pemogokan.

"Konsep Kill Chain adalah untuk melanjutkan ke satu arah," kata pejabat itu kepada wartawan, melansir Korea Times 3 Maret.

"Tapi Kill Web, seperti jaring laba-laba, sering memerlukan penyesuaian misi untuk memastikan efektivitas operasional," sambungnya.

Pejabat itu menekankan, konsep Kill Web akan digunakan untuk mengimplementasikan sistem Kill Chain "lebih efektif" daripada menggantikannya.

Dalam rencana inovasi pertahanan, kementerian mengatakan akan mengembangkan operasi "semua domain" terintegrasi yang memanfaatkan AI dan teknologi baru lainnya, untuk memastikan militer negara tersebut mampu "memenangkan perang dengan korban minimum dalam rentang waktu terpendek."

Rencana tersebut juga mencakup pengembangan konsep kewaspadaan berbasis AI menggunakan peralatan berawak dan tak berawak untuk mempertahankan pangkalan militer utama, termasuk pos penjaga garis depan dan unit pesisir dan lintas laut.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Lee Jong-sup menyerukan militer untuk "sepenuhnya" mengubah dirinya untuk mencapai tujuan menjadi kekuatan siap tempur yang kuat selama pertemuan para komandan militer, menurut kantornya.

Pada pertemuan tersebut, kementerian menguraikan serangkaian tugas utama, seperti membangun unit operasi yang berfokus pada misi tempur dan memperkuat pelatihan realistis berdasarkan skenario provokasi musuh.

Di bawah tugas tersebut, kementerian berupaya menciptakan tempat pelatihan yang memungkinkan latihan tembakan langsung di segala kondisi cuaca, serta untuk meningkatkan kondisi kerja petugas tingkat pemula dengan menaikkan upah mereka.

Terkait