Bagikan:

JAKARTA - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Hari Minggu menggambarkan pernyataan sekutu utama Kabinet yang menyerukan agar desa Palestina dihapus sebagai hal tidak pantas, berusaha untuk memadamkan kemarahan internasional.

Dalam sebuah utas Twitter, PM Netanyahu berterima kasih kepada Menteri Keuangan Bezalel Smotrich, karena "mengklarifikasi" komentar sebelumnya yang menyerukan penghancuran Desa Hawara di Tepi Barat.

Kendati demikian, dia juga menentang kecaman terhadap Smotrich, menuduh kekuatan asing meremehkan kekerasan Palestina, seperti pembunuhan 26 Februari terhadap dua warga Israel di Desa Hawara yang memicu amukan pemukim di sana, serta menangkis kritik domestik dan internasional yang meningkat terhadap agenda pemerintah sayap kanan barunya.

PM Netanyahu juga menyerukan ketenangan, setelah protes massal di seluruh wilayah negara itu yang sudah memasuki minggu kesembilan.

"Sementara beberapa bentuk protes sah, kami melihat bahwa banyak yang mengambil hukum ke tangan mereka sendiri," katanya pada rapat kabinet pada Hari Minggu, dilansir dari The National News 6 Maret.

"Mereka ingin membuat pemerintah runtuh dan menimbulkan krisis konstitusional. Saya menyerukan oposisi untuk bergabung dengan saya dalam mencoba menurunkan ketegangan," sambungnya.

Sebelumnya, Smotrich mendapat kecaman luas setelah Rabu pekan lalu mengatakan, "Desa Hawara perlu dimusnahkan. Saya pikir Negara Israel perlu melakukan itu, bukan, Tuhan melarang, individu pribadi".

Komentar itu muncul setelah pemukim Israel mengamuk di kota itu dengan membakar rumah dan properti Palestina, menewaskan satu orang dan melukai puluhan lainnya. Serangan itu, yang digambarkan oleh seorang jenderal terkemuka Israel sebagai "pogrom", terjadi setelah pembunuhan dua pemukim Israel.

Setelah reaksi yang meluas di dalam dan luar negeri, Smotrich mengatakan mungkin saja komentarnya bukan pilihan kata yang tepat. Dia menambahkan, dia "salah lidah dalam semburan emosi".

Departemen Luar Negeri AS mengatakan pernyataan itu menjijikkan, menghadapi seruan untuk menolak masuknya Smotrich ke negara Negeri Paman Sam.

Pada Hari Jumat, Kementerian Luar Negeri Arab Saudi mengatakan "menegaskan penolakan penuh kerajaan terhadap pernyataan rasis dan tidak bertanggung jawab ini, yang mencerminkan jumlah kekerasan dan (perilaku) ekstremis yang dipraktikkan oleh entitas pendudukan Israel terhadap saudara-saudara Palestina".

Namun dalam serangkaian tweet yang dirilis pada Minggu pagi, Netanyahu terus mengkritik Otoritas Palestina (PA) karena tidak mengutuk pembunuhan dua bersaudara yang memicu serangan Hawara yang dilakukan oleh sekitar 400 pemukim.

"Saya masih menunggu untuk mendengar kecaman dari Otoritas Palestina atas pembunuhan dua bersaudara Yaniv", tulisnya.

"Dan Israel sedang menunggu komunitas internasional untuk bersikeras bahwa PA mengutuk serangan itu. Tidak hanya tidak melakukannya, Israel juga terus menutup mata terhadap hasutan PA yang merajalela, terhadap tontonan menjijikkan dari orang-orang Palestina yang membagikan permen untuk merayakannya. serangan teror terhadap orang Yahudi dan kebijakan resmi PA bayar untuk membunuh, di mana PA membayar teroris untuk membunuh orang Yahudi. Keheningan masyarakat internasional dalam menghadapi dukungan Palestina untuk terorisme akhirnya harus diakhiri."