Pangeran Harry Disebut Diundang ke Penobatan Raja Charles III, Tapi Belum Membuat Keputusan Hadir atau Tidak
Pangeran Harry bersama Meghan Markle. (WIkimedia Commons/Mark Jones)

Bagikan:

JAKARTA - Pangeran Harry dari Inggris dan istrinya Meghan telah menerima undangan penobatan ayahnya, Raja Charles III, namun belum akan mengonfirmasi kepada publik apakah mereka akan hadir, juru bicara sang pangeran mengatakan pada Hari Minggu.

Persiapan untuk acara di Bulan Mei dibayangi oleh pengungkapan yang memberatkan pasangan tersebut tentang Raja, kakak laki-laki Harry, Pangeran William dan anggota kerajaan lainnya dalam memoarnya baru-baru ini, sebuah film dokumenter Netflix dan serangkaian wawancara TV.

Kritiknya yang terkenal dan pedas terhadap keluarganya baru-baru ini telah menimbulkan spekulasi tentang apakah Harry, yang mengundurkan diri dari tugas kerajaan pada tahun 2020, akan diundang ke penobatan dan, jika ya, apakah dia akan hadir.

"Saya dapat mengonfirmasi bahwa Duke baru-baru ini menerima korespondensi email dari kantor Yang Mulia mengenai penobatan," kata juru bicara Harry, melansir Reuters 6 Maret

"Keputusan mengenai apakah Duke dan Duchess akan hadir belum dapat kami ungkapkan saat ini," sambungnya.

Sementara itu, pihak Istana Buckingham belum menanggapi permintaan komentar mengenai hal ini.

Westminster Abbey, tempat penobatan akan berlangsung, memiliki kapasitas sekitar 2.200 tamu. Banyak tokoh masyarakat, politisi dan pejabat internasional diharapkan hadir, serta keluarga dan teman Raja.

Mengutip BBC, undangan cetak resmi diharapkan dikirim dalam waktu dekat, tetapi diyakini bahwa beberapa kelompok tamu sedang didekati sebelumnya, memberitahu mereka untuk menyimpan tanggalnya.

Fokus pada apakah Pangeran Harry dan Meghan akan datang ke penobatan, terkait pengungkapan dalam memoarnya tentang ketegangan dengan keluarganya.

Ini termasuk pertengkaran dengan saudara laki-lakinya Pangeran William, yang sebagai Pangeran Wales kemungkinan besar akan berperan dalam upacara penobatan.

Dalam wawancara sebelumnya tentang memoarnya, Pangeran Harry menolak mengatakan apakah dia akan menghadiri penobatan ayahnya, dengan mengatakan: "Pintu selalu terbuka. Bola ada di istana."

Jika Pangeran Harry kembali untuk penobatan, tidak diketahui peran apa yang akan dia mainkan, karena dia bukan lagi "pejabat kerajaan".

Selama Jubilee Platinum mendiang Ratu Elizabeth II, Pangeran Harry dan Meghan bukan bagian dari keluarga kerajaan yang hadir di balkon Istana Buckingham. Penampilan tradisional untuk orang banyak ini juga akan menjadi bagian dari perayaan penobatan.

Dalam sebuah wawancara online pada Hari Sabtu, Pangeran Harry mengatakan dia selalu "merasa sedikit berbeda" dengan anggota keluarganya yang lain, dan mendiang ibunya, Diana, merasakan hal yang sama.