Bagikan:

JAKARTA - Raja Yordania Abdullah mengatakan kepada Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin pada Hari Minggu, lonjakan kekerasan antara Palestina dan Israel di Tepi Barat mengancam stabilitas regional dan meminta bantuan untuk melawan perang narkoba yang berkembang di sepanjang perbatasannya dengan Suriah yang dipersalahkan pada milisi yang didukung Iran, kata pejabat Yordania.

Raja Abdullah, yang negaranya menjadi tuan rumah pertemuan pertama Israel-Palestina di Aqaba pekan lalu dengan partisipasi pejabat tinggi AS dan Mesir, mengatakan upaya harus dipercepat untuk mewujudkan kesepakatan perdamaian Arab-Israel yang komprehensif berdasarkan solusi dua negara.

"Ada kebutuhan untuk tenang dan mengurangi eskalasi di wilayah Palestina dan menghentikan langkah sepihak yang merusak stabilitas dan menggagalkan peluang mencapai perdamaian," kata pernyataan istana setelah pembicaraan antara Raja Abdullah dan Menteri Austin, melansir Reuters 6 Maret.

Raja Abdullah dan Menteri Austin juga berdiskusi tentang kekhawatiran Jordan tentang tumbuhnya kubu milisi yang didukung Iran di Suriah selatan, yang menurut para pejabat telah meningkatkan operasi penyelundupan narkoba melalui perbatasannya untuk mencapai pasar di Teluk, kata seorang pejabat Yordania kepada Reuters.

Amman menginginkan lebih banyak bantuan militer AS untuk meningkatkan keamanan di perbatasan, di mana Washington sejak konflik selama lebih dari satu dekade mulai memberikan sekitar 1 miliar dolar AS untuk mendirikan pos perbatasan, kata pejabat Yordania. Diketahui, Yordania memiliki perbatasan sepanjang 375 km dengan Suriah.

Menteri Austin tiba di Yordania lebih awal pada awal tur Timur Tengah, termasuk mengunjungi Israel dan Mesir, untuk menunjukkan dukungan bagi sekutu regional utamanya melawan meningkatnya ancaman yang ditimbulkan oleh Iran, kata pejabat AS.

Dalam unggahan di Twitter sebelum kepergiannya, Menteri Austin menulis akan bertemu dengan para pemimpin kunci, "menegaskan kembali komitmen AS terhadap stabilitas regional dan memajukan kepentingan bersama sekutu dan mitra kita."

Di Israel, Menteri Austin juga akan menyuarakan keprihatinan tentang kekerasan di Tepi Barat yang membuat khawatir para pemimpin Yordania dan Arab, membahas upaya diplomatik untuk mengurangi ketegangan menjelang hari raya keagamaan Muslim dan Yahudi, kata pejabat AS.

Departemen Pertahanan AS mengatakan menjelang kunjungan itu, diskusi akan berfokus pada meningkatnya ancaman yang ditimbulkan Iran terhadap stabilitas regional, dan pada peningkatan kerja sama keamanan multilateral dengan pertahanan udara dan rudal terintegrasi.

Ancaman terkait Iran akan menjadi pusat diskusi, kata seorang pejabat pertahanan senior seperti dikutip di situs resmi Pentagon menjelang kunjungan tersebut.

"Ancaman itu termasuk persenjataan Iran, pelatihan dan pendanaan kelompok proksi kekerasan, agresi di laut, ancaman dunia maya, program rudal balistiknya, dan serangan pesawat tak berawak," tambahnya.