Pangeran Harry Bakal Menghadiri Penobatan Raja Charles, Tapi Tidak Ditemani Istri dan Kedua Anaknya
Pangeran Harry dan Meghan Markle. (Wikimedia Commons/Northern Ireland Office)

Bagikan:

JAKARTA - Pangeran Harry akan menghadiri penobatan Raja Charles III di Westminster Abbey, London, Inggris pada 6 Mei, Istana Buckingham mengumumkan pada Hari Rabu.

Tetapi, sang istri Meghan dan anak-anak mereka tidak akan melakukan perjalanan dari rumah mereka di California, Amerika Serikat, tambah pihak istana.

Berita itu mengakhiri spekulasi berbulan-bulan tentang apakah pasangan itu akan muncul di hari besar Raja yang juga ayah kandung sang pangeran.

"Buckingham Palace dengan senang hati mengonfirmasi bahwa Duke of Sussex akan menghadiri Layanan Penobatan di Westminster Abbey pada 6 Mei," kata istana dalam sebuah pernyataan, melansir The National News 13 April.

"Duchess of Sussex akan tetap di California bersama Pangeran Archie dan Putri Lilibet," sambung pengumuman itu.

Sementara, Archewell, yayasan amal Sussex, mengeluarkan pernyataan yang hampir identik dengan pernyataan istana yang mengonfirmasi bahwa sang duke akan bergabung dengan tamu di penobatan.

Bukan suatu kebetulan jika tanggal 6 Mei juga merupakan ulang tahun keempat buah hati Harry dan Meghan, si sulung Pangeran Archie.

Omid Scobie, kontak tepercaya dari pasangan itu, men-tweet: "Saya mengerti bahwa ulang tahun keempat Archie (juga pada 6 Mei) berperan dalam keputusan pasangan itu."

"Harapkan perjalanan yang cukup singkat ke Inggris untuk Pangeran Harry, yang hanya akan menghadiri upacara penobatan di Westminster Abbey," tambahnya.

Keragu-raguan Pangeran Harry untuk hadir telah menjadi perhatian khusus bagi penyelenggara yang tidak dapat menyelesaikan pengaturan tempat duduk, transportasi dan keamanan untuk para VIP.

Penyelenggara "jengkel" dengan pasangan itu, yang secara terbuka mengeluh tentang keluarga selama tiga tahun terakhir dalam serangkaian film dokumenter, wawancara, dan buku, lapor Mirror.

Surat kabar itu mengklaim bahwa duke dan duchess telah melakukan "korespondensi email" dengan istana tentang kehadiran mereka, tetapi sang pangeran dilaporkan berada dalam "kesulitan" apakah akan mengonfirmasi tempat mereka atau tidak.

Diketahui, kehadiran Pangeran Harry datang terlepas dari keretakan keluarga yang terungkap dalam buku larisnya, 'Spare'.

Pengungkapan itu, termasuk perincian percakapan pribadi dengan ayah dan saudara laki-lakinya, Pangeran William, memicu ketegangan.

Spare juga memasukkan tuduhan bahwa anggota keluarga kerajaan secara teratur memberi pers informasi yang tidak menyenangkan tentang anggota House of Windsor lainnya dengan imbalan liputan positif tentang diri mereka sendiri.