Dipimpin Rahmat Gobel, Anggota DPR Terbang ke Pabrik Panasonic Jepang Jajaki Kolaborasi Penyediaan Baterai untuk IKN
Anggota Komisi XI DPR RI Kamrussamad (Foto via Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat mengunjungi pabrik baterai Panasonic di Prefektur Tokushima, Jepang, untuk melihat peluang kerja sama terkait pengembangan Ibu Kota Negara (IKN).

"Hari ini kita akan mengunjungi pusat industri baterai dari Panasonic. Kita ingin melihat sejauh mana kemungkinan bisa kerja sama dalam pengembangan kebutuhan di IKN," kata Anggota Komisi XI DPR RI Kamrussamad di Tokyo, Jepang, Senin 27 Februari dilansir Antara.

Selain soal IKN, kunjungan ke pabrik di Jepang Barat itu juga untuk menimbang kemampuan perusahaan elektronik multinasional tersebut dalam menyokong industri baterai kendaraan listrik di Indonesia.

"Ini industri baterai, jadi baterai itu bisa untuk kendaraan roda empat atau dua, tapi kan bisa juga untuk kebutuhan perkantoran dan hunian di IKN," jelas Anggota DPR RI dari Fraksi Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu.

Kamrussamad yang ikut dalam rombongan lawatan DPR RI tersebut, menerangkan Panasonic masuk menjadi salah satu kandidat pengembangan IKN karena dinilai mampu mendukung penerapan ekonomi hijau.

"Kita juga akan mendengarkan paparan mereka, sejauh mana siap mendukung program green economy yang bisa disinergikan di Indonesia," kata dia.

Lawatan DPR RI ke Jepang ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Bidang Koordinator Industri dan Pembangunan (Korinbang) Rachmat Gobel. Turut hadir dalam kunjungan tersebut, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga dan Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono.