Dalang Pengeboman Istanbul Tewas Dalam Penyergapan Pasukan Khusus Intelijen Turki di Suriah
Warga berkumpul di lokasi bom Istanbul untuk mengenang para korban. (Wikimedia Commons/Kurmanbek)

Bagikan:

JAKARTA - Organisasi Intelijen Nasional Turki (MIT) berhasil menewaskan Halil Menco, seorang teroris PKK/YPG yang memainkan peran kunci dalam perencanaan dan pelaksanaan pengeboman di Istanbul tahun lalu, sumber-sumber keamanan mengatakan pada Hari Jumat.

Menci, yang mengarahkan pelaku serangan bom Istanbul, Ahlam Albashir dan Bilal Hassan, kemudian memungkinkan Hassan melarikan diri ke luar negeri, dinetralkan dalam sebuah operasi khusus di Kota Qamishli, Suriah timur laut yang berada di bawah kendali PYD/YPG, demikian informasi yang diperoleh dari sumber keamanan, seperti melansir Anadolu 24 Februari.

Dijelaskan, tim operasi khusus MIT telah mengikuti Menci dengan seksama, setelah diketahui bahwa ia dilindungi oleh kelompok teror tersebut dan berhubungan dengan anggota senior YPG.

Diberitakan sebelumnya, ledakan pada 13 November November terjadi di Istiklal Avenue yang ramai di Istanbul, jalan populer yang dipenuhi toko dan restoran, menewaskan enam orang, termasuk dua anak, dengan lebih dari 80 orang terluka, mengutip The National News.

Pihak berwenang Turki menyalahkan ledakan fatal pada Partai Pekerja Kurdistan, atau PKK yang dilarang, serta kelompok Suriah-Kurdi yang berafiliasi dengannya. Kelompok militan Kurdi membantah terlibat.

Mengutip TRT World, dalam kampanye terornya selama hampir 40 tahun melawan Turki, PKK - yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, Amerika Serikat dan Uni Eropa - telah bertanggung jawab atas kematian lebih dari 40.000 orang, termasuk wanita, anak-anak dan bayi.