Bagikan:

JAKARTA - Turki menyalahkan militan Kurdi ledakan yang menewaskan enam orang di Istanbul, dengan polisi menahan 47 orang termasuk seorang wanita Suriah yang diduga menaruh bom, pada Hari Senin.

Sejauh ini tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas ledakan Hari Minggu di pejalan kaki Istiklal Avenue yang sibuk. Partai Pekerja Kurdistan (PKK) dan Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang dipimpin Kurdi membantah terlibat di dalamnya.

Ledakan tersebut melukai 81 orang, mengirimkan puing-puing beterbangan ke udara dan ratusan pembeli, turis, dan keluarga melarikan diri dari tempat kejadian.

Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu mengatakan PKK dan milisi YPG Kurdi Suriah bertanggung jawab atas ledakan itu, sebuah insiden yang mengingatkan pada serangan serupa yang dilakukan Turki di tahun-tahun sebelumnya, melansir Reuters 15 November.

Ankara mengatakan YPG adalah sayap PKK. Amerika Serikat telah mendukung YPG dalam konflik di Suriah, memicu gesekan antara sekutu NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara).

Ketika kecaman internasional atas serangan itu mengalir, Soylu, seorang kritikus sengit terhadap Washington, menyamakan belasungkawa AS bagi para korban dengan "pembunuh yang tiba sebagai salah satu yang pertama di TKP".

Dalam pernyataan di situsnya, PKK membantah terlibat dan mengatakan tidak akan menyerang warga sipil.

Sementara, Komandan SDF Mazloum Abdi membantah terlibat di Twitter.

"Kami menegaskan bahwa pasukan kami tidak ada hubungannya dengan pengeboman Istanbul, dan kami menolak tuduhan yang menuduh pasukan kami melakukan itu," tulisnya.

Polisi menyebut tersangka pengebom sebagai Ahlam Albashir, seorang warga negara Suriah, yang ditahan dalam penggerebekan semalam.

Menurut polisi, Albashir mengatakan selama interogasi, dia dilatih oleh militan Kurdi dan memasuki Turki melalui Afrin, kota Suriah utara lainnya.

Laporan berita televisi sebelumnya menunjukkan gambar seseorang, yang tampaknya seorang wanita, meninggalkan paket di bawah hamparan bunga di tengah jalan sebelum serangan.

Seorang pejabat Turki mengatakan, kemungkinan ISIS bertanggung jawab atas serangan itu "tidak sepenuhnya diabaikan."

Sementara itu, pihak berwenang mengatakan 24 dari yang terluka, termasuk dua dalam kondisi kritis, masih di rumah sakit. Sementara 57 orang lainnya dipulangkan setelah perawatan.

Serangan itu memicu kekhawatiran bahwa lebih banyak insiden seperti itu dapat terjadi menjelang pemilihan yang direncanakan pada Juni 2023, dengan jajak pendapat menunjukkan Presiden Recep Tayyip Erdogan bisa kalah setelah dua dekade berkuasa.

Diketahui, Istanbul telah diserang di masa lalu oleh militan Kurdi, Islamis dan sayap kiri. Gelombang pemboman dan serangan lainnya dimulai secara nasional ketika gencatan senjata antara Ankara dan PKK gagal pada pertengahan 2015, menjelang pemilihan pada November tahun itu.

Sementara itu, Turki telah melakukan tiga serangan di Suriah utara terhadap YPG dan Erdogan mengatakan tahun ini operasi lain sudah dekat.

PKK telah memimpin pemberontakan melawan negara Turki sejak 1984 dan lebih dari 40.000 orang tewas dalam bentrokan. Hal ini dianggap sebagai organisasi teroris oleh Turki, Uni Eropa dan Amerika Serikat.