Beberapa Nama Calon Menteri Biden Menguat usai Pengesahan Kemenangan
Ilustrasi. (Raga Granada/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Kongres Amerika menetapkan Joe Biden sebagai Presiden terpilih pemenang Pilpres AS , setelah mengalahkan Donald Trump dengan perbandingan raihan suara elektoral 306-232, Kamis 7 Januari waktu setempat.

Melansir Reuters Jumat 8 Januari, Joe Biden bersama Wakil Presiden terpilih Kamala Haris akan mengumukan calon-calon menterinya pada Jumat waktu setempat.

Sejumlah nama sudah disebut-sebut akan masuk dalam perintahan Biden-Kamala. Dia antaranya Gubernur Rhode Island Gina Raimondo sebagai Menteri Pedagangan dan mantan pejabat serita sekaligus Walikota Boston Marty Walsh sebagai Menteri Tenaga Kerja.

Keduanya dinilai bisa membantu Biden dalam merumuskan kebijakan seputar perubahan iklim, teknologi, investasi, upah minimum hingga aturan dan kebijakan ketenagakerjaan lainnya. 

Joe Biden
Joe Biden. (Instagram/joebiden)

'Bersama pejabat lainnya, mereka akan menghadirkan semangat baru bagi para pekerja, membantu usaha kecil, menciptakan jutaan pekerjaan dengan gaji yang baik," kata Tim Transisi Pemerintahan. 

Selain keduanya, adapula Isalbel Guzman yang disebut akan memimpin Small Business Administration (SBA), yang sebelumnya merupakan pejabat pembangunan ekonomi Negara Bagian California. Ada pula Don Graves, mantan eksekutif KeyBank dan penasihat ekonomi Biden saat menjabat wakil presiden, yang akan dicalonkan sebagai Deputi Menteri Perdagangan.