Ada Barter Politik di Balik Upaya Pemakzulan Donald Trump?
Pemungutan suara di DPR AS terkait pemakzulan terhadap Donald Trump pada 18 Desember 2019 (Sumber: Wikimedia Commons)

Bagikan:

JAKARTA - Pemimpin Minoritas Senat Republik Mitch McConnell sebagai representasi Partai Republik, mengajukan permintaan agar Partai Demokrat menunda pengiriman dakwaan pamakzulan kepada mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump hingga 28 Januari mendatang.

Selain itu, McConnell juga meminta Senat untuk memberikan waktu kepada Trump untuk mempersiapkan pembelaan terhadap tuduhan menghasut pemberontakan, dalam kerusuhan di Capitol Hill 6 Januari lalu. Peristiwa yang membuat Trump menghadapi upaya pemakzulan ke dua dalam kurun waktu setahun. 

Melansir Reuters, diketahui DPR AS dapat mengirim draft pemakzulan paling cepat dapat dikirim pada Jumat 22 Januari waktu setempat. Sementara, Senator Partai Demokrat Dick Durbin mengharapkan, hal tersebut dapat terealisasi dalam satu atau dua hari. Namun, Durbin belum bisa memastikan, apakah persidangan akan digelar penuh dengan saksi dan bukti, atau prosedur dipercepat.

Belum ada komentar dari Ketua DPR AS Nancy Pelosi terkait hal ini. Namun, Senator Republik John Coryn menyebut, Senat telah membahas mengenai pemberian waktu untuk Trump bersiap menghadapi persidangan.

"Dari apa yang saya pahami dari percakapan hari ini, itu baru dimulai sekitar pertengahan Februari," kata Senator Republik Mike Braun kepada wartawan.

Posisi tawar

Yang menarik adalah, boleh jadi proses sidang pemakzulan Donald Trump memiliki korelasi dengan pengesahan calon menteri kabinet pemerintahan Joe Biden - Kamala Harris. Hitungan sederhananya, jika seluruh calon menteri yang diajukan disetujui Senat, bisa jadi permohonan untuk menunda persidangan pada Februari pun bisa disepakati.

Kendati mendominasi DPR AS dan mengontrol Senat AS sebagai mayoritas, Demokrat membutuhkan dukung dari Republik, agar mencapai jumlah minimal 60 suara dalam voting di Senat. Kerja sama ini juga diperlukan dalam menyukseskan sebagian besar agenda Joe Biden.

Senator Demokrat Chris Coons mengatakan, partainya terbuka untuk mempertimbangkan penundaan, jika proses pengesahan calon menteri yang diajukan Biden juga lancar di Senat. 

"Ada lusinan anggota senior pemerintahan yang perlu dikonfirmasi dan layak untuk dikonfirmasi. Jika kami terus membuat kemajuan ke arah itu, maka menurut saya ini adalah langkah yang baik. Jika tidak, Anda akan segera melihat kami (Demokrat) bergerak cepat untuk mengajukan percobaan pemakzulan," katanya kepada CNN seperti dilansir Reuters