Biden Umumkan Kabinetnya Besok, Sejumlah Nama Didorong Muncul
Presiden terpilih AS, Joe Biden (Sumber: Commons WIkimedia)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan mengumumkan pemilihan kabinet pertamanya pada Selasa, 24 November. Biden terus maju dengan rencana pemerintahannya ketika Presiden AS Donald Trump terus menyangkal legitimasi kemenangan Biden.

"Presiden terpilih Biden akan mengumumkan anggota calon Kabinet minggu ini. Dia menantikan itu, untuk memperkenalkan anggota timnya kepada publik," kata Jen Psaki, orang yang mengawasi tim nominasi Biden.

Mengutip CNN, Senin, 23 November, kepala staf Gedung Putih yang akan datang, Ron Klain juga mengatakan Biden akan membuat pengumuman kabinet pemerintahannya pada Selasa 24 November.

"Apa yang dapat saya konfirmasi adalah bahwa Anda akan melihat penunjukan pertama dari Kabinet Presiden terpilih pada hari Selasa minggu ini, mengalahkan, pada kenyataannya, kecepatan yang telah ditetapkan oleh (tim transisi Presiden Barack Obama), mengalahkan kecepatan yang ditentukan oleh transisi Trump," kata Klain. 

Pengumuman Biden yang akan datang menggarisbawahi bagaimana dia terus bergerak maju dengan rencana transisinya ketika tim hukum Trump mengajukan tantangan di beberapa negara bagian untuk penghitungan ulang hasil Pemilu AS.

Penolakan Trump untuk menerima hasil tersebut menunda proses rutin oleh Administrasi Layanan Umum dalam menghadapi kemenangan presiden yang jelas untuk memungkinkan transisi resmi dimulai. Psaki mencatat, tanpa proses transisi formal yang sedang berlangsung, "pemeriksaan latar belakang FBI tidak dapat dilakukan" untuk pemilihan Kabinet Biden.

"Saya berharap tidak hanya Demokrat, tetapi Republik di Senat akan marah karena mereka tidak akan memiliki akses ke informasi itu. Bisa memakan waktu berminggu-minggu untuk itu terjadi," kata Psaki, mencatat bahwa potensi frustrasi dapat menjadi "titik tekanan lain" dalam beberapa hari mendatang.

Beberapa nama yang diharapkan menjadi anggota kabinet pemerintahan Biden bermunculan. Antony J. Blinken, seorang pembela aliansi global dan penasihat kebijakan luar negeri terdekat Biden, diharapkan untuk dicalonkan sebagai menteri luar negeri.

Blinken adalah mantan wakil menteri luar negeri di bawah pemerintahan Presiden Barack Obama. Biden juga diharapkan untuk menunjuk Linda Thomas-Greenfield, seorang veteran 35 tahun dari Dinas Luar Negeri yang telah bertugas di pos-pos diplomatik di seluruh dunia, sebagai duta besarnya untuk PBB.