Setelah Dilantik, Biden Bakal Hapus 7 Aturan di Masa Kepemimpinan Trump
Joe Biden. (Instagram/joebiden)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah pelantikan, Joe Biden akan menghapus beberapa aturan yang diterapkan di masa kepemimpinan Trump.

Sementara itu, Trump melalui pidato perpisahan menyampaikan rasa legowo dengan dilantiknya Biden menjadi Presiden AS yang baru. Dalam pidato tersebut Trump juga mengutarakan prestasinya selama memegang Amerika Serikat, melansir dari VOI.

Biden menilai beberapa aturan yang dijalankan di masa pemerintahan Trump kurang memperhatikan sisi sosial, ekologi, dan kesehatan.

Berikut adalah beberapa perintah eksekutif yang akan biden jalankan setelah duduk di Gedung Putih, melansir dari BBC (18/1/21).

  • AS akan kembali bergabung dalam perjanjian iklim Paris (Paris Ageement). AS akan ikut andil dalam fakta global penguranan emisi karbon.
  • Larangan perjalanan bagi sejumlah negara mayoritas muslim dihapuskan.
  • Wajib menggunakan masker di properti federal dan dalam perjalanan antarnegara bagian.
  • Memperluas pembatasan aktivitas nasional untuk menekan kasus Covid-19.

Beberapa aturan tersebut, hanya sebagaian dari program pemerintahan Biden. Masih ada beberapa program besar yang menanti pasangan Joe Biden dan Kamala Harris.

UU Imigrasi rencana akan jadi PR baru Bagi Biden. Barack Obama, Mantan Presiden AS, menjadi pihak yang akan mengajukan UU tersebut di Kongres.

Dalam 100 hari pertama, Biden dan kabinetnya juga akan memberikan 100 juta dosis vaksin Covid-19 untuk warga AS.

“Presiden terpilih Biden akan mengambil tindakan. Tidak hanya membalikkan kerusakan paling parah dari pemerintahan Trump. Tetapi juga untuk memajukan negara kita,” ungkap Kepala Staf Gedung Putih, Ron Klain, melansir BBC.