Kunjungi Korban Kebakaran Hutan di Hawaii, Presiden Biden: Kami Bersamamu
Presiden Joe Biden saat mengunjungi Maui, Hawaii. (Twitter/@POTUS)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joe Biden memastikan Pemerintah Amerika Serikat akan terus mendukung masyarakat Maui, Hawaii usai diterjang kebakaran hutan yang menewaskan lebih dari 114 orang, memuji ketahanan masyarakat setempat yang luar biasa.

"Kami fokus pada apa yang selanjutnya. Itu adalah pembangunan kembali untuk jangka panjang … dan melakukannya bersama-sama," kata Presiden Biden usai berkeliling Kota Lahaina yang hangus, melansir Reuters 22 Agustus.

Dalam kesempatan itu, Presiden Biden pun memastikan suara masyarakat setempat akan didengar, dengan tradisi serta kearifan lokal akan dihormati.

"Rakyat Amerika mendukung Anda. Selama diperlukan, kami akan bersamamu," ujarnya didampingi oleh Gubernur Negara Bagian Hawaii Josh Green, senator Hawaii dan perwakilan Maui di Kongres AS.

Presiden Biden yang didampingi Ibu Negara Jill Biden menekankan, pembangunan kembali wilayah itu akan mengikuti keinginan masyarakat Lahaina.

"Ini akan menjadi jalan yang panjang." sebutnya.

Sementara itu, Gubernur Green berterima kasih kepada Presiden Biden atas bantuannya, memuji kecepatan respons federal yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Sementara itu, Senator Partai Demokrat Brian Schatz mengatakan, Presiden Biden telah menginstruksikan seluruh kabinetnya untuk membantu Maui memulihkan keadaan menjadi normal seiring berjalannya waktu.

Kebakaran hutan yang diperparah oleh badai di Lahaina menewaskan sedikitnya 114 orang, dengan jumlah korban tewas masih terus bertambah, Sementara jumlah resmi warga yang hilang mencapai 850 jiwa, turun dari semula 2.000 jiwa, kata Wali Kota Maui County Richard Bissen di Facebook.