Dukung Pertemuan Airlangga-Cak Imin, Gerindra Sebut Kunjungan PKB ke Golkar Perkuat Ikatan Koalisi
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. (Instagram pribadi)

Bagikan:

JAKARTA - Partai Gerindra menyambut baik pertemuan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Istora Senayan, Jumat, 10 Februari, pagi. 

Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pihaknya tak mempermasalahkan jika PKB dan Golkar saling berkomunikasi. Dia menilai silaturahmi kedua ketum parpol itu merupakan hal yang wajar menjelang pemilu. 

“Pertemuan antarparpol dalam menghadapi pemilu kan baik-baik dan bagus aja. Bahwa kemudian PKB atau Golkar itu melakukan silaturahmi, melakukan komunikasi, ya itu memang yang harus dilakukan,” ujar Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jumat, 10 Februari.

Dasco menegaskan, pertemuan Cak Imin dan Airlangga tidak akan mengganggu hubungan ataupun melemahkan koalisi Gerindra-PKB. Justru, menurutnya, kunjungan PKB ke partai-partai politik sebagai upaya menambah kekuatan koalisi. 

Terlebih, kata dia, PKB sudah memberikan informasi ke Gerindra ihwal pertemuannya dengan Golkar. 

“Apa yang sudah kami sepakati dengan PKB juga sudah jelas. Saya pikir apa yang dilakukan oleh PKB itu sudah dibicarakan, bahwa kunjungan ke partai-partai itu untuk saling memperkuat ikatan koalisi. Dengan komunikasi, partai-partai bisa bergabung karena visi yang sama,” jelasnya.

Sebelumnya, Cak Imin mengaku sudah memberi tahu Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto terkait pertemuannya dengan Airlangga Hartarto pagi ini. 

Cak Imin mengatakan, Prabowo justru mendukung PKB melakukan komunikasi dengan Golkar sebagai upaya merajut kerja sama. Meskipun masing-masing parpol sudah memiliki koalisi, PKB dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) dan Golkar bersama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). 

"Tentu saja setiap kita melakukan pertemuan kita saling memberi tahu, dan ini bagian dari upaya merajut kebersamaan tugas kita, ini kan berusaha merajut. Pak Airlangga melalui KIB, saya merajut melalui Kebangkitan Indonesia Raya. Rajutan-rajutan ini sebagai usaha, soal takdir kan di tangan Tuhan, jadi enggak tahu," ujar Cak Imin di Senayan, Jakarta, Jumat, 10 Februari. 

"Karena itu Pak Prabowo tahu persis bahkan memberi dukungan untuk berkomunikasi dengan semua partai khususnya kepada Golkar. Saya juga sampaikan ke pak Prabowo jauh hari beberapa minggu yang lalu,

reaksinya oke," tambahnya. 

Sementara, Ketum Golkar Airlangga Hartarto memastikan Golkar dan PKB akan saling berkunjung sebagai tindak lanjut dari pertemuan pagi ini.

"Jadi akan ditindaklanjuti, akan ada pertemuan nanti di kedua partai. Kedua partai saling berkunjung," ujar Airlangga kepada wartawan, di Senayan, Jakarta, Jumat, 10 Februari