PKB Sebut Tak Ada Tarik Menarik di Safari Politik Cak Imin-Airlangga, Tapi Saling Menawarkan Gabung Koalisi
Ketum Golkar Airlangga Hartarto bersama Ketum PKB Muhaimin Iskandar /FOTO IST

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPP PKB Daniel Johan mengungkapkan tidak ada tarik menarik di safari politik pertemuan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dengan Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto. Namun, Daniel mengakui ada saling menawarkan untuk berkoalisi antara PKB dan Golkar. 

Meskipun kedua parpol juga saling memahami bahwa sudah memiliki koalisi masing-masing. Golkar dengan PAN dan PPP membangun Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), sedangkan PKB membentuk Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) bersama Gerindra. 
 

"Saling menawarkanlah, tapi saling memahami. Koalisi punya agenda masing-masing, kalau ujungnya kerja sama ya kita terbuka," ujar Daniel Johan dalam diskusi Trijaya bertajuk 'Tarik Menarik Safari Politik' secara daring, Jumat, 10 Februari.  

 

Daniel mengatakan, pertemuan di Istora Senayan pagi tadi merupakan inisiasi dari Airlangga tanpa ada agenda khusus. Airlangga dan Cak Imin, kata dia, hanya ingin bersilaturahmi guna menjaga kondisi politik agar tetap damai menjelang Pemilu 2024. 

 

"Ya Alhamdulillah tadi pagi sudah bertemu. Inisiasi awal pak Airlangga, tapi pada akhirnya ini jadi keinginan dua ketum bertemu. Enggak secara khusus memang, cuma jalan pagi aja, jalan pagi bersama sambil ngopi biar lebih akrab," kata Daniel.  

"Pertama, untuk silaturahmi, tetap menjaga komunikasi meski kita beda koalisi. KIR dan KIB sama-sama solid. Kedua, yang penting kita sepakat untuk jaga kondisi tetap kondusif, tidak panas, agar pemilu berjalan lancar, tepat waktu, pelaksanaan pemilu berjalan baik," lanjutnya. 

Sejauh ini, kata Daniel, pertemuan masih bersifat normatif meski kedua parpol sepakat akan ada pertemuan lanjutan. 

 

"Tapi pak Airlangga terbuka untuk Golkar kerja sama dengan PKB," jelasnya. 

"Pertemuan PKB dan Golkar yang pasti seperti Gerindra dan PKB, kalau bergabung maka akan semakin kuat," tambah Daniel. 

 

Anggota DPR itu pun mengatakan, PKB sudah berkomunikasi dengan Gerindra sebelum melakukan pertemuan dengan Airlangga. Begitupun sebaliknya, Gerindra pasti akan memberi tahu PKB jika ingin bersilaturahmi dengan parpol lain. Sebab, kata Daniel, hal itu merupakan kesepakatan koalisi Gerindra-PKB. 

"Pasti (komunikasi ke Gerindra), karena kita solid, Gerindra-PKB saling mengkomunikasikan apa yang masing-masing dilakukan. Kita sepakat saling dorong saling komunikasi dengan parpol lain tentu terbuka untuk bergabung," pungkasnya.