Presiden Zelensky Sebut Sejumlah Pemimpin Uni Eropa Siap Berikan Pesawat untuk Ukraina
Presiden Zelensky saat menghadiri pertemuan Uni Eropa. (Twitter/@EU_Commission)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan beberapa pemimpin Uni Eropa menyampaikan kesiapan mereka untuk memberikan pesawat untuk negaranya menghadapi Rusia, di sela-sela pertemuan blok tersebut di Brussels, Belgia Hari Kamis.

Presiden Zelensky berbicara setelah bergabung dalam pertemuan Uni Eropa untuk pertama kalinya, dengan salah satu tujuannya untuk mendapatkan lebih banyak senjata dari sekutu.

"Eropa akan bersama kami sampai kemenangan kami. Saya telah mendengarnya dari sejumlah pemimpin Eropa...tentang kesiapan untuk memberi kami senjata dan dukungan yang diperlukan, termasuk pesawat," kata Presiden Zelensky dalam konferensi pers, melansir Reuters 9 Februari.

"Saya memiliki sejumlah agenda bilateral sekarang, kami akan mengangkat masalah jet tempur dan pesawat lainnya," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Zelensky tengah berada di Eropa untuk melakukan sejumlah pertemuan, selain menghadiri pertemuan Uni Eropa.

Kemarin, Ia berkunjung ke Inggris untuk menemui Raja Charles III, PM Rishi Sunak dan pidato di parlemen. Malam harinya, Ia bertemu Presiden Jerman Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Olaf Scholz di Paris, sambil santap malam.

Benang merah rangkaian pertemuan tersebut adalah, mencari bantuan pesawat dari sekutu Barat untuk Kyiv menghadapi invasi Moskow.

Menanggapi safari ini, Rusia melalui kedutaan besarnya di London memperingatkan Inggris terkait kemungkinan pengiriman jet tempur ke Ukraina, menyebut langkah itu akan menyebabkan konsekuensi militer-politik bagi seluruh dunia.