Firli Bahuri 'Diserang' Punya Harta di Luar Negeri yang Disita, KPK: Hoaks!
Tangakapan layar akun Youtube (DOK VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan tak ada harta milik Ketua KPK Firli Bahuri yang disita. Kabar yang beredar dipastikan bohong atau hoaks.

Hal ini disampaikan Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri menanggapi adanya video di YouTube menarasikan ada harta milik Firli yang disita. Aset itu disebut disembunyikan di Swiss.

"KPK memastikan bahwa informasi mengenai penyitaan harta pimpinan KPK yang tersimpan di luar negeri, yang kini tersebar luas di masyarakat adalah tidak benar atau hoaks," kata Ali kepada wartawan, Kamis, 9 Februari.

Ali menegaskan tak ada kekayaan Firli yang disembunyikan di Swiss. Seluruh harta milik eks Deputi Penindakan KPK itu sudah dilaporkan secara rinci sesuai aturan yang wajib dilakukan penyelenggara negara.

"Harta pimpinan KPK sebagai penyelenggara negara telah dilaporkan dalam LHKPN dan dapat diakses oleh publik sebagai bentuk transparansi dan pertanggungjawaban, atas harta yang diperoleh dari penghasilan yang bersumber dari negara tersebut," ungkapnya.

KPK mengingatkan pengunggah video di YouTube itu menghapus kontennya. Masyarakat diharap bijak dalam menyaring informasi di media sosial.

"KPK mengajak masyarakat untuk selalu waspada dan menyaring setiap Informasi yang diterima. Khususnya mengenai pelaksanaan tugas pemberantasan korupsi oleh KPK," pungkas Ali.