Ada Apa di Internal PKS Sampai Bikin Tak Mau Cepat Deklarasi Anies Baswedan Jadi Capres?
Anies Baswedan (Foto via Facebook)

Bagikan:

JAKARTA - Dari sejak awal, PKS aktif terlibat rapat dengan Anies Baswedan dan Partai Demokrat-NasDem. Tapi itu bukan artinya otomatis PKS mau buru-buru deklarasi kalau jagoannya di Pilpres itu Anies Baswedan.

Setelah Partai NasDem yang 'curi start', kini giliran Partai Demokrat resmi menyatakan dukungannya kepada Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden (capres) 2024. Dukungan disampaikan dalam pertemuan tim kecil di kediaman mantan gubernur DKI Jakarta itu, Jumat 27 Januari.

Tim kecil ini masih terganjal satu hal. Dan ini penting. Mereka berharap banyak, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga segera menyampaikan dukungannya kepada Anies sebagaimana yang diminta Partai NasDem agar Koalisi Perubahan segera terbentuk.

Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman memang mengaku kalau Anies Baswedan bakal mereka dukung. Kalau tidak, kata Sohibul, mana mungkin rutin datang dalam rapat tim kecil.

Sohibul mengatakan, dia datang rumah Anies Baswedan sebagai utusan resmi PKS. Hanya saja PKS masih menunggu proses di internal melalui musyawarah Majelis Syuro.

"Seperti sudah disampaikan pada saat Demokrat NasDem menyampaikan deklarasi dulu, itu kita tekankan bahwa masalah deklarasi partai per partai itu adalah sangat tergantung kepada proses internal masing-masing partai," jelas Sohibul.

Tapi Sohibul belum dapat membicarakan soal kapan akan mendeklarasikan hal itu. Menurutnya, PKS tentu akan mendeklarasikan hal itu. Namun, untuk kapan akan dideklarasikan, menurutnya itu adalah proses internal yang akan dituntaskan PKS.

"Nah kami di PKS tentu juga terus melakukan proses internal kita dan pada waktunya kami tentu juga akan menyampaikan deklarasi sebagaimana NasDem maupun Demokrat. Masalahnya deklarasi kapan itu adalah proses internal kami jadi kami tuntaskan itu nanti pada waktunya kami akan mendeklarasikan demikian," tutur Sohibul.