PKS Pastikan Koalisi Perubahan Bakal Deklarasi Bersama Capres Anies, Soal Waktu Belum Diputuskan
Sekjen Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Aboe Bakar Al-Habsyi/ANTARA/Melalusa Susthira K.

Bagikan:

JAKARTA - Sekjen Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Aboe Bakar Al-Habsyi mengatakan Koalisi Perubahan yang diinisiasi tiga partai politik bakal bersama-sama mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Calon Presiden 2024 mendatang.

Deklarasi Anies Baswedan secara resmi dan langsung baru dilakukan NasDem dan PKS. Sementara Demokrat Beru melalui keterangan tertulis dari ketua umum. 

"Mungkin kita akan bertiga (PKS, Demokrat, NasDem) untuk deklarasi bersama (Anes Baswedan Capres 2024)," ujar Habib Aboe Bakar kepada wartawan, Minggu, 26 Februari. 

Namun soal waktu, Aboe menegaskan, menunggu kabar selanjutnya saja. Sebab kata dia, masih dibicarakan oleh ketiga parpol.  

"Untuk kapan tergantung putusan kami, nantikan saja. Tunggu kabar selanjutnya," kata Aboe.

Sebelumnya, Juru Bicara Demokrat Herzaky Mahendra Putra, mengakui deklarasi yang dilakukan Partai Demokrat tidak semeriah PKS. Namun dia memastikan deklarasi oleh partainya sudah sesuai dengan mekanisme.

"Untuk deklarasi dari Demokrat, sudah tuntas dengan pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di akhir Januari lalu. Begitu pula dengan mekanisme internal Demokrat dalam menentukan koalisi dan capres. Sudah selesai," jelas Herzaky kepada wartawan, Jumat, 24 Februari. 

Sementara soal cawapres, Herzaky mengatakan, Demokrat telah menyerahkan sepenuhnya kepada Anies Baswedan sebagai capres untuk menentukan pendamping yang cocok.  

"Terkait urusan bacawapres, sudah final. Seperti yang disampaikan oleh Ketum kami, Mas AHY, dipercayakan sepenuhnya kepada Bacapres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, untuk menentukannya," tegas Herzaky.

Namun dia berharap ketiga parpol segera mempersiapkan deklarasi bersama Koalisi Perubahan setelah PKS resmi mengumumkan Anies Baswedan sebagai Capres 2024. 

"Bagi Partai Demokrat, tahapan selanjutnya adalah deklarasi Koalisi Perubahan secara bersama-sama oleh ketiga parpol," ujar Herzaky.

Sebelum deklarasi, lanjut Herzaky, ketiga ketum parpol yang tergabung dalam koalisi akan terlebih dulu melakukan penandatanganan nota kesepahaman guna meneguhkan komitmen bersama di Pemilu 2024.

"Demokrat sudah siap, tinggal menunggu kesepakatan bersama ketiga parpol mengenai timing yang tepat," ungkapnya.

Herzaky mengklaim, ketiga partai di Koalisi Perubahan sudah solid dan siap memenangkan Anies Baswedan di Pilpres 2024.

"Anies Baswedan Insyaallah akan berlayar sebagai capres di 2024 diusung Koalisi Perubahan. Demokrat bersama teman-teman PKS dan NasDem berkomitmen penuh memperjuangkan perubahan dan perbaikan untuk Indonesia," katanya.