Deklarasi Koalisi Perubahan Setelah PKS-Demokrat Resmi Umumkan Anies Baswedan Capres 2024
Anies Baswedan bersama pengusungnya tim kecil Koalisi Perubahan diisi Nasdem, Demokrat dan PKS di DPP Demokrat. (Twitter @aniesbawswedan)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Bidang Polhukam DPP PKS Al Muzammil Yusuf menyampaikan partainya akan mengumumkan Anies Baswedan sebagai Capres 2024. Deklarasi secara resmi akan digelar bertepatan dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PKS pekan depan.

"Pada tanggal 23 sampai 26 Februari ini akan ada deklarasi dukungan PKS secara resmi terhadap Anies Baswedan sebagai capres," kata Muzammil kepada wartawan, Minggu, 19 Februari.

Muzammil menuturkan, hal yang sama akan dilakukan Partai Demokrat, setelah PKS mendeklarasikan dukungan kepada Anies.

Usai NasDem, PKS dan Demokrat masing-masing mengumumkan secara resmi mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta itu, lanjut Muzammil, baru deklarasi Koalisi Perubahan dilakukan.

"Setelah (deklarasi PKS) itu, sangat mungkin akan ada deklarasi resmi oleh Demokrat, yang kemudian berikutnya akan disusul deklarasi bersama tiga partai," ungkap Muzammil.

Pada Jumat, 3 Februari lalu, petinggi PKS mengunjungi Kantor DPP Partai NasDem, di Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, untuk bertemu dengan Ketum NasDem Surya Paloh.

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman mengatakan pertemuan dengan Ketua Umum NasDem Surya Paloh akan membahas soal deklarasi Koalisi Perubahan dan Sekretariat Perubahan.

Sohibul menuturkan, terkait dukungan PKS ke Anies Baswedan sebagai Capres 2024 sudah disampaikan setelah kedatangannya dari Istanbul. "Yang sudah saya sampaikan waktu di bandara, hilal itu," ujar Sohibul Iman.

Sohibul mengungkapkan, deklarasi Koalisi Perubahan yang tengah dimatangkan tim kecil Partai NasDem, Demokrat dan PKS akan sedikit dibahas dalam pertemuan dengan Surya Paloh sore ini.

Hanya saja, kata dia, pendalaman soal deklarasi akan dibicarakan bersama seluruh parpol dan sang capres. Khususnya terkait waktu deklarasi koalisi dan pencapresan.

"Mungkin pembicaraan itu akan ada. Tapi deklarasi bersama kan harus bersama-sama. Nanti kita akan upayakan bersama, empat pihak. Tiga partai sama capres. Di situ kita membicarakan kapan deklarasi, bukan hari ini. Walaupun ada disinggung hari ini, itu pemanasan aja," ungkap Sohibul.

Sementara soal piagam Deklarasi Perubahan, Sohibul memastikan tidak akan disepakati dalam pertemuan ini. Namu dia berharap hal itu bisa sedikit disinggung. "Hari ini enggak lah. Tapi mudah-mudahan," tandasnya.