Resmi Usung Anies Baswedan, PKS Wacana Deklarasi Koalisi Perubahan Sebelum Ramadan
Anies Baswedan, akan segera diumumkan sebagai bakal calon presiden Koalisi Perubahan. (foto: twitter @aniesbaswedan)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera berbicara soal waktu deklarasi Koalisi Perubahan pasca partainya resmi mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (bacapres) yang akan diusung bersama NasDem dan Demokrat pada Pilpres 2024. 

 

Menurutnya, deklarasi Koalisi Perubahan kemungkinan akan dilakukan pada bulan depan sebelum puasa.  "Sebelum Ramadan, InsyaAllah," ujar Mardani, Sabtu, 25 Februari. 

 

Sebelumnya, Partai Demokrat (PD) berharap bakal calon presiden (bacapres) 2024 Anies Baswedan segera menentukan nama calon wakil presiden (cawapres), usai dideklarasikan secara resmi oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kemarin. 
 

Deputi Bappilu Partai Demokrat Kamhar Lakumani, mengatakan jika Anies sudah menentukan nama cawapres pendampingnya maka Demokrat, NasDem dan PKS juga bisa segera mendeklarasikan Koalisi Perubahan. 

 

 

"Kita berharap Mas Anies segera menentukan cawapresnya, agar bisa segera deklarasi paripurna Koalisi Perubahan beserta capres dan cawapresnya," ujar Kamhar kepada wartawan, Jumat, 24 Februari.  "Kita berharap, ini bisa segera diputuskan. Semakin cepat semakin baik," lanjutnya. 

Kamhar menilai, konsolidasi mesin politik partai yang tergabung dalam Koalisi Perubahan akan semakin mengoptimalkan kerja-kerja pemenangan usai deklarasi tersebut. 

 

Selanjutnya, kata Kamhar, Sekber Koalisi Perubahan juga segera akan dibentuk. Dia menuturkan, pembentukan sekber sudah dibicarakan dan tinggal menunggu waktu untuk diluncurkan. 

"Pembuatan Sekber, penandatanganan nota kesepahaman dukungan tiga Ketum partai untuk pemenuhan presidential threshold 20 persen, komitmen memperjuangkan aspirasi rakyat akan perubahan dan perbaikan. Sudah dibicarakan, kita tunggu saja waktunya," pungkasnya.