Persiapan Sudah Matang, PKS Sebut Deklarasi Koalisi Perubahan Sebelum 23 Maret
Mardani Ali Sera/DOK fraksi.pks.id

Bagikan:

JAKARTA - Partai keadilan Sejahtera (PKS) membeberkan perkembangan terkait deklarasi Koalisi Perubahan bersama NasDem dan Demokrat. Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengatakan, persiapan deklarasi sudah matang, hanya tinggal mencari waktu yang tepat untuk ditunaikan. 

Menurutnya, ketiga partai politik yang tergabung di Koalisi Perubahan berharap deklarasi bisa dilangsungkan sebelum Ramadan. Bacapres Anies Baswedan pun, kata dia, akan melakukan pertemuan terakhir sebelum deklarasi.  

"Alhamdulillah, semua sudah matang. InsyaAllah doa kita semua sebelum Ramadan sudah kita deklarasikan. Mas Anies akan melakukan final silaturrahim," ujar Mardani, Rabu, 15 Maret. 

Anggota Komisi II DPR itu menjelaskan, pihaknya ingin menggelar deklarasi sebelum puasa lantaran bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah dan penuh kasih sayang. 

"Jadi kita berharap keberkahan dan kasih sayang Ramadan, Insyaallah sebelum Ramadan bisa deklarasi bersama," kata Mardani.

Meski masih mencari tanggal yang tepat untuk deklarasi, tapi Mardani memastikan akan dilakukan lengkap oleh parpol koalisi dan bacapres sebelum 23 Maret 2023.

"Masih cari yang paling kosong yang semua (tiga parpol, red) bisa ikutan (deklarasi). Doakan, ya sebelum 23 Maret lah," katanya. 

Sebelumnya, Juru bicara bakal calon presiden, Anies Baswedan, Hendri Satrio mengungkapkan bila Koalisi Perubahan akan mendeklarasikan Anies dalam waktu dekat. Deklarasi itu ditargetkan sebelum memasuki bulan Ramadan.

“Menurut saya enggak dalam waktu lama lagi. Komunikasi yang terakhir itu sebelum puasa. Ya mudah-mudahan dekat lagi nih,” kata Hendri kepada wartawan Astor Ballroom, Jakarta Selatan, Senin, 13 Maret.

Hendri menjelaskan, deklarasi Anies Baswedan belum dilakukan karena belum adanya waktu yang tepat antara pemimpin para ketua umum Koalisi Perubahan dengan Anies Baswedan.

“Waktu aja sih sebenarnya. Juga ketersediaan waktu,” ucapnya.

Sementara soal cawapres, Hendri mengatakan parpol-parpol di Koalisi Perubahan sudah legowo dengan keputusan Anies siapapun yang dipilihnya. 

“Tunggu saja keputusan Anies, sebab parpol Koalisi Perubahan sudah mempersilakan Anies memilih cawapresnya," katanya.