PKS Dukung Anies Capres 2024, Tapi Belum Deklarasi Karena Tunggu Proses Internal 
Anies Baswedan/DOK FOTO via Instagram @aniesbaswedan

Bagikan:

JAKARTA - Partai Demokrat sudah menyatakan dukungannya kepada Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden (capres) 2024. Dukungan disampaikan dalam pertemuan tim kecil di kediaman mantan gubernur DKI Jakarta itu pada hari ini.

Tim kecil berharap Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga segera menyampaikan dukungannya kepada Anies sebagaimana yang diminta Partai NasDem agar Koalisi Perubahan segera terbentuk. 

Menanggapi kapan PKS akan menyatakan dukungan kepada Anies, Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman, menegaskan bahwa pihaknya tidak mungkin datang dalam rapat tim kecil hari ini apabila tidak mendukung bacapres NasDem itu.

"Saya katakan kalau PKS ini tidak dukung Pak Anis maka tidak mungkin saya ada terus-terusan di dalam tim kecil ini," ujar Sohibul, Jumat, 27 Januari.

Sohibul mengatakan, dirinya adalah utusan resmi PKS yang terlibat dalam tim kecil untuk mendukung pencapresan Anies di Pilpres 2024. Hanya saja, kata dia, terkait alasan PKS belum deklarasi dukungan lantaran menunggu proses di internal melalui musyawarah Majelis Syuro. 

"Seperti sudah disampaikan pada saat Demokrat NasDem menyampaikan deklarasi dulu, itu kita tekankan bahwa masalah deklarasi partai per partai itu adalah sangat tergantung kepada proses internal masing-masing partai," jelas Sohibul.

Dia pun mengapresiasi Partai Demokrat yang telah lebih dulu menyampaikan sikap terkait dukungan terhadap Anies Baswedan sebagai Capres 2024.

"Saya apresiasi Partai Demokrat yang kemarin ketua umumnya saudara Agus Harimurti Yudhoyono sudah menyampaikan tentang sikap dari partai Demokrat terkait dengan masalah dukungan terhadap capres bapak Anies Rasyied Baswedan," ungkap Sohibul.

"Dan kami sangat menghargai menghormati sikap masing-masing partai NasDem merupakan partai yang proses internalnya lebih duluan kemudian disusul oleh partai Demokrat," lanjutnya.

Tapi Sohibul belum dapat membicarakan soal kapan akan mendeklarasikan hal itu. Menurutnya, PKS tentu akan mendeklarasikan hal itu. Namun, untuk kapan akan dideklarasikan, menurutnya itu adalah proses internal yang akan dituntaskan PKS.

"Nah kami di PKS tentu juga terus melakukan proses internal kita dan pada waktunya kami tentu juga akan menyampaikan deklarasi sebagaimana NasDem maupun Demokrat. Masalahnya deklarasi kapan itu adalah proses internal kami jadi kami tuntaskan itu nanti pada waktunya kami akan mendeklarasikan demikian," tutur Sohibul.