Kaesang Katanya Mulai Lirik Dunia Politik, Apa Mungkin Tak Pilih PDIP?
Kaesang Pangarep (Foto via Twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Diam-diam putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep mulai tertarik dengan dunia politik. Apakah pengusaha muda itu akan mengikuti jejak sang ayah dan abangnya, Gibran Rakabuming yang memilih PDIP?

Nama Kaesang Pangarep, anak paling kecil dari Presiden ke-7 RI Joko Widodo selama ini memang tak jauh-jauh dari dunia bisnis. Dulu sebelum menggeluti dunia sepak bola, Kaesang sempat menjadi acuan bagi investor pemula dalam memilih saham yang prospektif.

Pemuda yang punya segudang bisnis ini sering memberikan edukasi investasi pasar modal melalui akun instagram maupun twitter miliknya.

Kaesang memulai karier sebagai narablog yang kemudian mendapat sorotan karena merupakan seorang anak calon presiden. Blognya menuai kontroversi karena menuliskan pengalaman tak sengaja makan babi di Singapura, yang kemudian mendapat perhatian karena panasnya keadaan Pemilihan Presiden 2014 dan menyatakan rasa daging babi lebih enak dari kambing.

Mengenal lebih dekat sosok Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi.

Kaesang juga aktif berbisnis serta media sosial. Bisnis Kaesang kini telah menyasar beberapa usaha kuliner di antaranya Sang Pisang, Sang Java, Aplikasi Madhang, bisnis ikan lele, Ternak Kopi, dan yang terbaru adalah Mangkokku berkolaborasi dengan juri MasterChef, Arnold.

Kini Kaesang sudah terang-terangan berniat terjun di dunia politik. Dia mengikuti jejak Gibran dan abang iparnya, Bobby Nasution yang kini menjadi wali kota Medan.

Gibran yang juga dulunya seorang pengusaha mengatakan, keinginan itu disampaikan Kaesang sendiri di depan dirinya dan ayahnya, Jokowi, saat pulang ke Surakarta.

"Yang kami bicarakan di meja makan itu Kaesang. Saya juga kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke kami ada ketertarikan di politik," kata Gibran di Surakarta, Jawa Tengah, Selasa 24 Januari, dinukil dari Antara.

Mengenal lebih dekat sosok Gibran Rakabuming yang jadi Wali Kota Surakarta.

Meski demikian, ia belum tahu apakah Kaesang akan mulai terjun pada Pemilihan Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

"Nggak tahu, saya baru dengar kemarin. Bapak [Jokowi] juga kaget. Biasanya nggak pernah membicarakan itu, ini penjajakan dulu," lanjut Gibran yang dulu pun sempat benci politik.

Gibran mengatakan ketertarikan Kaesang tersebut karena ingin berkontribusi pada daerah. Apalagi, sejak beberapa tahun terakhir, putra bungsu Jokowi itu juga sudah terjun langsung mengurusi Klub Sepak Bola Persis Surakarta.

Siapa Bobby Nasution sebenarnya? Baca artikelnya di sini.

"Kalau saya lihat, misalnya Persis, itu kan yang kerja keras Kaesang. KLB (Kongres Luar Biasa) PSSI kan Kaesang juga intens di situ. Kalau saya lihat, mampu, anak muda, tapi belajarnya cepat," katanya memuji Kaesang.

Sementara itu, terkait partai politik yang ingin diikuti oleh Kaesang, Gibran mengaku belum mengetahuinya. "Nanti biar Kaesang saja yang memutuskan," imbuhnya.

Sebagai informasi, Gibran dan Jokowi adalah kader PDI Perjuangan. Bahkan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri menyebut Jokowi sebagai seorang petugas partai.

Disinggung mengenai isu dinasti politik yang mungkin akan mencuat, Gibran mengatakan bahwa kontestasi dalam politik merupakan kompetisi.

"Bisa menang, bisa kalah. Kaesang kemarin hanya melontarkan keinginan, kalau keseriusan tanya Kaesang sendiri," ujarnya.