Ganjar Santai Tanggapi Kaesang Jadi Ketum PSI
Bakal capres PDIP sekaligus eks Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (dok. PDIP)

Bagikan:

JAKARTA - Ganjar Pranowo santai menanggapi anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep jadi Ketua Umum (Ketum) Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Bakal calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan (PDIP) itu bahkan memberikan selamat.

“Selamat untuk Mas Kaesang,” kata Ganjar kepada wartawan di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa, 26 September.

Ia mengaku tak khawatir jabatan Kaesang menjadi penanda dukungan dari keluarga Presiden Jokowi ke capres dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto.

Diketahui, partai berlambang mawar itu memang mesra dengan koalisi yang mengusung Menteri Pertahanan (Menhan) RI. Tapi, PSI belum memberikan dukungannya secara resmi.

“Wong jadi Ketua PSI kok khawatir. Jadi Ketua PSI, bagaimana selamat buat Mas Kaesang,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketum PSI Kaesang Pangarep mengaku pengangkatannya sebagai pimpinan partai bisa terjadi berkat status istimewanya sebagai putra Presiden Joko Widodo. Pernyataan ini disampaikan Kaesang usai acara Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) PSI yang menetapkan dirinya sebagai ketua umum.

"Ya, privilese. Privilese selalu ada. Sudah, gitu aja. Saya mengiyakan," kata Kaesang di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Senin, 25 September.

Ia mengaku keputusannya terjun ke dunia politik terinspirasi dari jejak sang ayah. Kaesang merasa mampu mengikuti rekam jejak Jokowi yang berangkat dari jabatan Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta, hingga Presiden dengan dukungan PDIP.

Kaesang mengaku sudah berbincang kepada Jokowi saat memutuskan bergabung dalam partai berlambang bunga mawar tersebut. “Izin saya mau menempuh jalan saya, pak. Semoga Gusti Allah memberkahi jalan yang saya pilih ini,” ungkapnya.