Siapa Kaesang Pangarep, Anak Joko Widodo Presiden ke-7
Kaesang Pangarep (Ilustrasi oleh Ilham Amin/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Nama Kaesang Pangarep, anak paling kecil dari Presiden ke-7 RI Joko Widodo, belakangan makin naik daun sebagai acuan bagi investor pemula dalam memilih saham yang prospektif. Pemuda yang punya segudang bisnis ini sering memberikan edukasi investasi pasar modal melalui akun instagram maupun twitter miliknya.

Ketertarikan Kaesang dengan pasar saham muncul bukan baru-baru ini. Keinginan Kaesang untuk berinvestasi saham sempat dia diungkapkan dalam akun twitter @kaesangp pada 6 Mei 2019. "KALO MAU BELAJAR INVESTASI PASAR SAHAM DIMANA YA!!! MOHON INFONYA!!!" tulis Kaesang yang juga sering mengunggah momen mesra dengan kekasihnya, Felicia.

Setelah unggahan tersebut, lewat akun Twitter @kaesangp, putra bungsu Presiden Jokowi jadi rajin membahas soal saham. Bahkan, pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) pada 14 Desember IHSG yang kembali menembus level 6.000 turut dikomentarinya.

Kaesang Pangarep menjagokan saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGAS) di tengah momentum kenaikan IHSG ke level 6.000. Rekomendasi dengan julukan 'Sangmology' itu siap beradu dengan konsensus para analis.

"Weleh Weleh," cuitnya seraya mengunggah gambar pergerakan IHSG sampai dengan akhir sesi pertama, Senin, 14 Desember.

Kaesang Pangarep dan saham

Tak hanya sekadar mengomentari pergerakan IHSG, pemilik Sang Pisang itu juga menjawab cuitan salah satu warganet terkait saham yang bisa dibeli saat indeks bertengger di posisi 6.000.

Kaesang meyakini pergerakan saham Perusahaan Gas Negara (PGN) akan mampu menembus level Rp2.100 pada tahun depan. Pemilik akun Instagram @sahamrakyat itu juga melabeli rekomendasinya dengan sebutan 'Sangmology'.

"Kalau besok $PGAS bisa tembusin 1.750, kayaknya bakalan mulus perjalanannya ke 2.100. Gimana cuanmin @sahamrakyat? #SangMology," tulisnya melalui akun Twitter, Senin, 14 Desember malam.

Terbaru, pada 4 Januari PGAS langsung Auto Reject Bawah minus 7 persen di pre opening pembukaan pasar modal. Salah satu pengikut Kaesang dengan akun bernama Faishal mengatakan tidak mengapa saham PGAS memerah.

"Gapapa deh nyangkut, yang penting ditemenin mas @kaesangp eh udah cabut belum yaa," tulisnya.

Unggahan Faisal direspons oleh Kaesang. Ia menjelaskan, bahwa dirinya masih bertahan memegang kepemilikan saham PGAS.

"Saya masih hold. Saya bukan day to day trader. Saya liat jangka panjangnya karena saya percaya sama fundamentalnya $PGAS," jawab Kaesang.

Biografi Kaesang Pangarep

Kaesang Pangarep di Surakarta, 25 Desember 1994. Ia merupakan putra bungsu dari Presiden ke-7 Indonesia Joko Widodo dan istri, Iriana Joko Widodo. Kaesang merupakan anak ketiga dari tiga bersaudara. Kakak pertamanya yakni Gibran Rakabuming Raka, wali kota Surakarta terpilih dan kakak keduanya Kahiyang Ayu. 

Waktu kecil, Kaesang menempuh pendidikan sekolah dasar di SD Negeri 16 Mangkubumen Kidul, Laweyan, Solo. Ia melanjutkan pendidikannya SMA di Singapura yakni Anglo-Chinese School International dan mengambil program studi International Baccalaureate.

Setelah lulus dari SMA di Singapura, Kaesang tak lantas kembali ke Tanah Air. Ia melanjutkan pendidikannya di Singapore Institute of Management University.

Kaesang memulai karier sebagai narablog yang kemudian mendapat sorotan karena merupakan seorang anak calon presiden. Blognya menuai kontroversi karena menuliskan pengalaman tak sengaja makan babi di Singapura, yang kemudian mendapat perhatian karena panasnya keadaan Pemilihan Presiden 2014 dan menyatakan rasa daging babi lebih enak dari kambing.

Kaesang juga aktif berbisnis serta media sosial. Bisnis Kaesang kini telah menyasar beberapa usaha kuliner di antaranya Sang Pisang, Sang Java, Aplikasi Madhang, bisnis ikan lele, Ternak Kopi, dan yang terbaru adalah Mangkokku berkolaborasi dengan juri MasterChef, Arnold. 

Selain menekuni usaha kuliner, Kaesang juga kerap mengunggah konten di YouTube yang berisi kehidupan sehari-hari. Tak hanya itu, Kaesang juga kerap berinteraksi dengan warganet di akun sosial medianya seperti Twitter dan Instagram. 

Tak hanya itu, saat ini pria berusia 26 tahun ini juga aktif di dunia pasar modal. Ia bahkan beberapa kali melakukan webinar dengan tema dari awam jadi paham. Webinar ini digelar dengan tujuan untuk meningkatkan minat generasi muda akan saham.

============

Biodata Kaesang Pangarep

Nama Lengkap
Kaesang Pangarep

Nama Panggilan
Kaesang

Tempat dan Tanggal Lahir
Surakarta, 25 Desember 1994

Agama
Islam

Profesi
Pengusaha dan YouTuber

Gelar/Titel
Sarjana di bidang Marketing dengan peminatan di Komunikasi

_________

Pendidikan Formal

2014 : Anglo-Chinese School International, Singapura (2014)

Singapore Institute of Management University

__________

Bisnis

2017: Sang Javas

2017: Sang Pisang

2017: Hompimpa Games

2017: Aplikasi Madhang

2018: Sang Javas-Truz

2019: Budidaya Ikan Lele

2019: Ternakopi

2019: Siapmas

2019: Mangkok Ku

2019: Yang Ayam