Pantauan Netray Ketika Ridwan Kamil Berseragam Partai Golkar
Ridwan Kamil resmi menjadi kader Partai Golkar pada 18 Januari 2023. (Instagram/@golkar.indonesia)

Bagikan:

JAKARTA – Para pegiat Twitter mengucapkan selamat kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang telah melabuhkan dirinya ke Partai Golkar. Dia memang kerap dianggap sebagai gubernur yang kekinian, dekat dengan kalangan milenial dan memiliki jutaan followers di media sosial.

Kinerjanya sebagai pejabat yang terbilang baik, penampilannya yang selalu stylish, keakrabannya dengan para pegiat media sosial, dan karya-karya arsitekturnya menjadikan Ridwan Kamil sebagai figur idola kalangan muda.

Tak heran, bila banyak partai politik yang ingin menggandengnya. Sayangnya, pada 18 Januari 2023, Ridwan Kamil memantapkan hati bergabung dengan partai berlambang pohon beringin tersebut.

“Apapun partainya, kang @ridwankamil selalu ada di hati masyarakat, terus semangat Kang, insha Allah masyarakat akan selalu dukung Akang sampai berhasil menjadi capres 2024,” tulis @as_syauqii pada 19 Januari 2023.

Topik pengukuhan Ridwan Kamil sebagai anggota Partai Golkar di Twitter sudah muncul sekiranya sejak satu pekan sebelumnya. Berawal dari sekadar isu, kemudian perbincangan semakin meningkat hingga hari pengukuhan.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyerahkan kartu anggota partai kepada Ridwan Kamil pada 18 Januari 2023. (Instagram/@golkar.indonesia)

Netray membuktikan lewat pemantauan dengan kata kunci && Golkar dan RK && Golkar. Selama periode 13-19 Januari 2023, Netray menemukan 8.591 twit. 6.138 twit di antaranya atau sekitar 71,4 persen bersentimen netral, 1.968 twit bersentimen positif, dan hanya 485 twit saja yang bersentimen negatif.

Perbincangan terkait kata kunci tersebut mencuri perhatian lebih dari 1.717 akun, bahkan mampu menjangkau hingga 93,3 juta akun.

“Pada 18 Januari 2023 twit dari akun @maspiyu_aja menjadi twit yang paling banyak mendapat impresi pada hari H pengumuman. Sedangkan pada peak time perbincangan, twit dari akun portal @CNNIndonesia yang menyebutkan jika modal RK (Ridwan Kamil) dalam memenangkan Golkar adalah jumlah followers menjadi twit terpopuler pada hari tersebut,” tulis Netray.

Pengukuhan tersebut ternyata juga berdampak positif terhadap Partai Golkar. Banyak pegiat Twitter yang juga mencuitkan dukungan kepada partai ini. Terlihat dari jajaran top words, dan munculnya tagar-tagar dukungan, seperti bersamajuara, airlanggauntukindonesia, airlanggapemersatu, welocemridwankamil, golkarsolid, dan airlanggapresiden.

Merapatnya Ridwan Kamil diharapkan bisa lebih memperkuat basis Golkar di Jawa Barat.

“Semoga keberadaan Pak Kamil di Golkar menambah semangat semua kader di Golkar untuk berkarya buat bangsa untuk kesejahteraan masyarakat. Keberadaan partai politik dengan kadernya yang berkualitas, berkarya dan berintegritas menjadi salah satu pilar utama buat kemajuan bangsa,” cuit Ernawaty Tamba pada 20 Januari 2023.

Sementara, twit bersentimen negatif umumnya membahas sikap Ridwan Kamil yang selalu bergonta-ganti partai. Seperti yang dicuitkan oleh akun @Miduk17 yang menyebut Ridwan Kamil sebagai, “Master of kutu loncat.”

Pemberitaan Media

Selain di Twitter, Netray juga memantau pemberitaan media daring terkait topik tersebut dengan menggunakan kata kunci Ridwan Kamil && Golkar pada periode yang sama.

Netray menemukan sebanyak 907 artikel di 117 media berita daring. Media berita yang paling intens memberitakan topik ini ialah Tribunnews dengan total sebanyak 64 artikel. Lalu, Kompas 43 artikel, dan Warta Ekonomi 37 artikel.

“Kata kunci Ridwan Kamil && Golkar telah muncul pada awal pemantauan dengan pemberitaan yang berisikan tentang isu keanggotaan Ridwan Kamil dalam Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro 1957) yang secara otomatis menjadikannya sebagai kader Golkar. Isu ini menurun hingga tanggal 15 Januari 2023. Setelah itu, kembali mulai merangkak naik di hari berikutnya masih dengan dominasi pemberitaan bersentimen neutral,” Netray melaporkan.

Pemberitaan memuncak pada 18 Januari 2023 sekitar pukul 19.00-20.00 WIB, tepatnya pasca Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto resmi mengumumkan bergabungnya Ridwan Kamil ke Golkar. Dari 907 pemberitaan, 432 di antaranya berita bersentimen positif bagi Ridwan Kamil. Hanya 28 artikel yang terindentifikasi sebagai berita negatif.

Top Words yang muncul menurut pantauan Netray pascatopik Ridwan Kamil resmi bergabung dengan Partai Golkar mencuat di Twitter. (Netray)

Pemberitaan bersentimen negatif antara lain membahas kehadiran Ridwan Kamil dalam Golkar merupakan bukti kegagalan kaderisasi. Pemilihan kosakata dalam headline berita yang menyatakan ‘kegagalan’ tentu saja memberikan dampak negatif pada sosok Ridwan Kamil.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago dalam berita Jawa Pos mengatakan kehadiran Ridwan Kamil dalam jalur eksklusif berpotensi dapat menimbulkan kecemburuan dalam internal partai Golkar.

Saat bergabung, Ridwan kamil memang langsung mendapat jabatan strategis sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Pemilih dan co-chair Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar.

Petualangan Baru

Ridwan Kamil mengatakan bergabung dengan partai politik merupakan perjalanan baru. Keputusan ini tidak diambil tiba-tiba, melainkan melalui pertimbangan panjang baik dengan melakukan istikharah, masukan dari keluarga, ulama, kerabat, kolega serta para sahabat.

“Keputusan ini saya ambil demi peningkatan kinerja, bukan ambisi politik semata,” katanya Ridwan Kamil di media sosialnya pada 19 Januari 2023.

Meski pernah menjabat sebagai Wali Kota Bandung dan Gubernur Jawa Barat saat ini, Ridwan Kamil tidak pernah tercatat sebagai kader partai politik. Ketika dalam pemilihan Wali Kota Bandung pada 2013, dia maju dengan dukungan Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera meski dia bukan kader dari dua partai ini.

Begitupun ketika pemilihan Gubernur Jawa Barat pada 2018. Nasdem memberikan tiket untuknya mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Barat bersama Uu Ruzhanul Ulum. Namun, itu bukan karena Ridwan Kamil adalah kader Partai Nasdem melainkan hanya karena elektabilitasnya sangat tinggi di Jawa Barat.

Selama periode 13-19 Januari 2023, Netray menemukan 8.591 twit terkait topik Ridwan Kamil bergabung dengan Partai Golkar. (Netray)

Kini, Ridwan Kamil telah ‘berseragam kuning’. Menurut dia, Partai Golkar telah teruji sebagai salah satu partai politik yang menjadi pilar demokrasi di Indonesia, yang selalu berkomitmen menjaga dan mempertahankan demokrasi di Tanah Air, dan turut memperkokoh tegaknya Pancasila dan NKRI.

Partai Golkar dengan ideologi karya kekaryaannya juga memiliki peran yang sangat besar dalam pembangunan bangsa, yang senantiasa mengawal dan membersamai perjalanan kapal besar Indonesia, bahkan terbukti mampu melewati berbagai krisis dan bangkit, seperti di masa pandemi

“Ini juga menjadi tekad saya bersama Golkar mendorong pemerintahan yang bersih dan bermartabat serta mendukung upaya penegakan hukum yang adil dan beradab,” ucap Ridwan Kamil.

“Semoga Allah SWT menyertai dan memimpin langkah dan perjuangan saya bersama Partai Golkar untuk membawa perubahan menuju Indonesia juara dan kemakmuran rakyat Indonesia, amin,” imbuhnya.