Peneliti Temukan Sisa Kaki, Mamalia Masuk Daftar Mangsa Dinosaurus Microraptor
Sisa kaki mamalia di fosil usus dinosaurus. (Sumber: Hans Larsson/McGill University)

JAKARTA - Jejak mamalia kecil seukuran tikus yang menjadi makanan terakhir dinosaurus masih terlihat, kendati itu diperkirakan berasal dari Periode Kapur 120 juta tahun yang lalu.

Seorang peneliti dengan mata tajam melihat kaki mamalia yang diawetkan di dalam usus Microraptor zhaoianus yang membatu, seekor therapoda berbulu yang panjangnya kurang dari satu meter.

"Awalnya, saya tidak percaya. Ada kaki mamalia kecil seperti hewan pengerat dengan panjang sekitar satu sentimeter (0,4 inci) terawetkan dengan sempurna di dalam kerangka Microraptor," jelas Hans Larsson, seorang profesor biologi di Museum Redpath Universitas McGill, Montreal, Kanada melansir CNN 26 Desember.

Larsson diketahui 'menemukan' fosil tersebut saat mengunjungi koleksi museum di China.

"Temuan ini adalah satu-satunya bukti kuat yang kami miliki tentang konsumsi makanan dari hewan yang telah lama punah ini, dan mereka sangat langka," kata Larsson dalam rilis berita.

Penelitian, yang diterbitkan dalam 'Journal of Vertebrate Paleontology' pada 20 Desember mengatakan, ini hanya contoh fosil dinosaurus ke-21 yang diketahui dengan makanan terakhirnya diawetkan.

Lebih jarang menemukan bahwa mamalia juga menjadi santapan dinosaurus, hanya ada satu contoh lain yang saat ini ada dalam catatan fosil.

"Kita sudah mengetahui spesimen Microraptor yang diawetkan dengan bagian ikan, burung dan kadal di perutnya. Temuan baru ini menambahkan mamalia kecil ke dalam makanan mereka, menunjukkan bahwa dinosaurus ini oportunistik dan bukan pemakan pilih-pilih," terang Larsson, salah satu penulis studi tersebut, dalam sebuah pernyataan.

"Mengetahui bahwa Microraptor adalah karnivora generalis, memberikan perspektif baru tentang cara kerja ekosistem purba dan kemungkinan wawasan tentang keberhasilan dinosaurus kecil berbulu ini," terangnya.

Predator generalis, seperti rubah dan gagak, adalah penstabil penting dalam ekosistem saat ini karena mereka dapat memakan beberapa spesies, kata rilis berita tersebut.

Menurut penelitian, Microraptor adalah contoh karnivora generalis pertama yang diketahui di era dinosaurus.

Ada kemungkinan bahwa dinosaurus lain dari keluarga therapod, termasuk Tyrannosaurus rex, mungkin juga memiliki pola makan yang sama, sebut studi tersebut.

Fosil Microraptor ditemukan di endapan fosil Liaoning di timur laut Cina pada awal tahun 2000-an. Spesimen, yang menampilkan bulu di sayap lengan dan kakinya, adalah salah satu dinosaurus berbulu pertama yang digali.

"Sementara mamalia ini sama sekali bukan nenek moyang manusia, kita dapat melihat kembali beberapa kerabat purba kita menjadi makanan untuk dinosaurus yang lapar," terang penulis studi Dr. David Hone, seorang pembaca zoologi di Queen Mary University of London dalam sebuah pernyataan.

"Penelitian ini melukiskan gambaran momen yang menarik dalam waktu – salah satu catatan pertama dari dinosaurus yang memakan mamalia – bahkan jika itu tidak semenakutkan apa pun di Jurassic Park," tandasnya.