Ilmuwan Inggris Ungkap Dua Spesies Baru Spinosaurus di Isle of Wight Inggris
Ilustrasi Ceratosuchops inferodios (depan) dan Riparovenator milnerae (belakang). (Sumber: Anthony Hutchings via Sci News)

Bagikan:

JAKARTA - Fosil yang ditemukan di pantai berbatu menunjukkan ada masalah ganda di Isle of Wight, Inggris sekitar 127 juta tahun yang lalu, dengan sepasang predator dinosaurus besar yang sebelumnya tidak diketahui hidup mungkin berdampingan, beradaptasi untuk berburu di sepanjang tepi air.

Para ilmuwan pada Hari Rabu 29 September mengumumkan penemuan fosil dari dua pemakan daging Periode Kapur, keduanya berukuran sekitar 30 kaki (9 meter) dan tengkorak memanjang seperti buaya, di barat daya pulau, salah satu tempat terkaya di Eropa untuk sisa-sisa dinosaurus.

Mereka adalah contoh dari jenis dinosaurus yang disebut spinosaur, yang dikenal dengan tengkorak panjang dan sempit dengan banyak gigi berbentuk kerucut, sempurna untuk menangkap ikan yang licin, serta lengan yang kuat dan cakar besar.

Salah satunya bernama Ceratosuchops inferodios, yang berarti 'bangau neraka berwajah buaya bertanduk'. Nama itu mengacu pada bangau, karena gaya hidup burung itu mencari makan di garis pantai. Ceratosuchops memiliki serangkaian tanduk rendah dan tonjolan yang menghiasi daerah alisnya.

Yang kedua bernama Riparovenator milnerae, yang berarti 'Pemburu tepi sungai Milner', menghormati ahli paleontologi Inggris Angela Milner, yang meninggal pada bulan Agustus. Ini mungkin sedikit lebih besar dari Ceratosuchops.

Masing-masing diperkirakan memiliki berat sekitar satu hingga dua ton, dengan tengkorak sekitar satu yard panjangnya, menurut Chris Barker, mahasiswa PhD di bidang paleontologi Universitas Southampton dan penulis utama studi yang diterbitkan dalam jurnal 'Scientific Reports'.

"Keduanya akan menjadi pemburu garis pantai seperti bangau, mengarungi air dan mendorong kepalanya ke bawah dengan cepat untuk mengambil benda-benda seperti ikan, kura-kura kecil, dan lain-lain. Di darat akan melakukan hal serupa, menangkap bayi dinosaurus atau sejenisnya. Mereka akan melakukannya. Pada dasarnya makan apa saja yang bisa mereka ambil," kata ahli paleontologi dan rekan penulis studi David Hone dari Queen Mary University of London, mengutip Reuters 30 September.

Spinosaurs adalah bagian dari kelompok luas dinosaurus pemakan daging bipedal yang disebut theropoda, yang termasuk jenis Tyrannosaurus rex. Sebagai pemburu semi-akuatik, spinosaurs menargetkan mangsa yang berbeda dan tidak memiliki tengkorak besar, kotak dan gigi besar bergerigi T-rex, yang menghuni Amerika Utara sekitar 60 juta tahun kemudian.

Ceratosuchops dan Riparovenator menjelajahi lingkungan dataran banjir yang bermandikan iklim seperti Mediterania subtropis. Kebakaran hutan kadang-kadang merusak lanskap, dengan fosil kayu yang terbakar ditemukan di seluruh tebing Isle of Wight.

Dengan sungai besar dan perairan lain yang menarik dinosaurus pemakan tumbuhan dan menampung banyak ikan bertulang, hiu, dan buaya, habitat tersebut memberi Ceratosuchops dan Riparovenator banyak peluang berburu, terang Barker.

Kedua sepupu ini mungkin hidup pada waktu yang sama, mungkin berbeda dalam preferensi mangsa, atau mungkin telah terpisah sedikit dalam waktu, kata para peneliti. Ada spinosaur ketiga yang kira-kira sezaman bernama Baryonyx, yang fosilnya ditemukan pada 1980-an, yang tinggal di dekatnya dan berukuran hampir sama, mungkin sedikit lebih kecil.

Sebagian sisa Ceratosuchops dan Riparovenator ditemukan di dekat kota Brightstone, Inggris Ceratosuchops dikenal dari bahan tengkorak, sedangkan Riparovenator dikenal dari bahan tengkorak dan ekor. Ada sisa-sisa tempurung otak untuk keduanya, memberikan wawasan khusus tentang makhluk-makhluk ini.

Fosil-fosil tersebut membantu para ilmuwan menghasilkan silsilah keluarga spinosaurs, yang menunjukkan garis keturunan berasal dari Eropa sebelum pindah ke Afrika, Asia, dan Amerika Selatan, menurut ahli paleobiologi Universitas Southampton Neil Gostling, yang mengawasi proyek penelitian tersebut.

Yang terbesar, Spinosaurus, panjangnya mencapai 50 kaki (15 meter) dan hidup di Afrika Utara sekitar 95 juta tahun yang lalu. Ini berbeda dari pendahulunya Isle of Wight, membanggakan struktur besar seperti layar di punggungnya dan adaptasi untuk gaya hidup yang lebih akuatik.