Pemimpin Kartel Meksiko El Neto Tewas Dalam Baku Tembak Usai Pelarian Diri Massal dari Penjara
Ilustrasi polisi federal Meksiko. (Wikimedia Commons/Jonas zacarias)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang gembong kartel Meksiko yang termasuk dalam pelarian diri massal dari penjara beberapa waktu lalu El Neto, tewas dalam baku tembak pada Hari Kamis pagi, kata aparat berwenang.

El Neto, yang bernama lengkap Ernesto Alfredo Pinon de la Cruz, dilacak oleh pasukan intelijen berada di Kota Ciudad Juárez, perbatasan Amerika Serikat dan kemudian ditembak setelah pengejaran, kata para pejabat.

"Dia ditemukan, dikejar. Dia terluka, tetapi dalam perjalanan (ke kantor jaksa agung negara bagian) dia meninggal," kata Gubernur Negara Bagian Chihuahua Maru Campos di Twitter, melansir Reuters 6 Januari.

"El Neto", gembong bersenjata yang disegani dari kartel "Los Mexicles", melarikan diri bersama 29 narapidana lainnya, setelah kelompok bersenjata dengan kendaraan lapis baja menyerang penjara di kota perbatasan Juarez pada Hari Minggu lalu.

Sedikitnya 19 orang, termasuk penjaga dan tahanan lainnya tewas dalam penyerangan tersebut, salah satu serangan paling berdarah terhadap penjara di Meksiko dalam beberapa tahun terakhir, kata pihak berwenang.

Polisi dan pasukan keamanan meluncurkan perburuan. Sedikitnya tujuh orang, termasuk polisi, tewas dalam konfrontasi lainnya selama penggeledahan di negara bagian itu pada Senin, kata pihak berwenang.

Otoritas federal yang datang untuk memulihkan ketertiban mengatakan, mereka menemukan narapidana telah mendirikan "zona VIP" di penjara yang dikelola negara, dengan simpanan obat-obatan dan uang.

Buntut kejadian tersebut, jaksa negara bagian di Chihuahua mengatakan kepala penjara Juarez telah diberhentikan dan sedang diselidiki bersama yang lainnya.

Terbaru, Kementerian Pertahanan Meksiko mengatakan pihaknya telah menerbangkan 200 personel militer ke kota perbatasan utara Juarez pada Hari Selasa, untuk memerangi kejahatan terorganisir di sana.