Otoritas Pulau Nantucket Izinkan Turis Telanjang Dada di Pantai
Ilustrasi Nantucket. (Wikimedia Commons/Henry P. Gray)

Bagikan:

JAKARTA - Turis pria dan wanita kini legal untuk bertelanjang dada di pantai Pulau Nantucket, destinasi wisata populer lepas pantai yang termasuk Negara Bagian Massachusetts, Amerika Serikat.

Awal tahun ini, kampanye "Kesetaraan Gender di Pantai" yang dipimpin tokoh lokal mengusulkan amandemen peraturan yang akan melegalkan siapa pun dari jenis kelamin apa pun, untuk telanjang dari pinggang ke atas saat berada di pantai di pulau itu.

Meskipun pemilih Nantucket telah memilih ya pada peraturan yang diusulkan pada Bulan Mei, keputusan tersebut menjadi resmi ketika Jaksa Agung Massachusetts Maura Healey menyetujuinya pada tanggal 6 Desember, melansir CNN 8 Desember

Di bawah undang-undang sebelumnya, perempuan bisa didenda 300 dolar AS dan menghadapi hukuman hingga tiga tahun penjara, jika tertangkap topless di pulau itu.

Dalam dokumen yang dikeluarkan oleh kantornya, Jaksa Agung Healey mengatakan, keputusan Nantucket mungkin kontroversial, tetapi tidak bertentangan dengan undang-undang negara bagian mana pun.

"Kami menyetujui pemungutan suara Kota yang mengizinkan siapa pun untuk bertelanjang dada di pantai umum atau pribadi mana pun di Nantucket, karena kami melihat tidak ada konflik antara pemungutan suara dan Konstitusi atau undang-undang Persemakmuran. Kota memiliki wewenang untuk memilih kegiatan apa yang akan diizinkan pantai kota," tulisnya.

Jaksa Agung Healey menambahkan, American Civil Liberties Union telah mengirimkan surat untuk mendukung peraturan tersebut.

Diketahui, ketelanjangan publik, khususnya di pantai, masih diperdebatkan di banyak bagian Amerika Serikat.

Pada tahun 2021, merek pakaian renang Inggris, Pour Moi, membuat peta yang menunjukkan aturan berbeda seputar berjemur telanjang dada dan/atau telanjang di berbagai negara bagian Negeri Paman Sam.

Massachusetts dikategorikan sebagai tempat di mana "ketelanjangan publik dianggap tidak dapat diterima, tetapi ada pantai nudis tidak resmi atau laporan bahwa berjemur tanpa penutup dada diperbolehkan di lokasi tertentu."

Nantucket yang memiliki luas 105 mil persegi di lepas pantai Cape Cod, adalah salah satu tujuan perjalanan musim panas paling terkenal di AS.

Musisi Carly Simon, eksekutif Google Eric Schmidt dan bintang reality Kourtney Kardashian adalah beberapa selebriti yang dilaporkan memiliki rumah di pulau ini.