Bharada E Sebut Putri Candrawathi Tampak Sehat Sehari Setelah Dugaan Pelecehan Terjadi di Magelang
Bharada E saat sidang di PN Jaksel (Tangkapan layar kompas.tv live)

Bagikan:

JAKARTA - Bharada Richard Eliezer menyebut kondisi Putri Candrawathi nampak sehat saat hendak pulang dari Magelang ke Jakarta pada 8 Juli atau tepatnya sehari setelah dugan pelecehan terjadi.

Pengakuan mengenai kondisi Putri Candrawathi itu berawal saat Hakim Ketua Wahyu Iman Santoso menanyakan kegiatan Bharada E di Magelang.

"Terus keesokan paginya?" kata hakim Wahyu dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa, 13 Desember.

"Pas pagi saya bangun ketemu sama Ricky ‘Chard persiapan mau balik ke Jakarta’, saya mandi beres-beres barang saya, saya siapkan mobil,” jawab Bharada E.

“Saat dibangunkan Ricky, posisi korban (Brigadir J, red)? tanya hakim lagi.

“Masih tidur,” kata Bharada E.

Lalu, Bharada E bercerita sempat mempersiapkan semua keperluan dalam perjalanan. Salah satunya memanaskan mesin mobil. Saat itu, ia menyebut sempat membantu Ricky Rizal membawa senjata api untuk disimpan di dalam mobil.

Saat sedang berkemas, Putri sempat memerintahkan Bharada E untuk membawa mobil yang akan Putri tumpangi menuju Jakarta.

“Terus pas lagi beres-beres, saya diperintah ibu bawa mobil, mobil ibu mobil LX karena om Kuat bawa mobil jadi, sudah selesai beres-beres barang ibu turun dipegang Susi kalau tidak salah, saya langsung inisiatif di mobil belakang, tapi almarhum udah ada di mobil belakang, terus saya lari lagi ke mobil kedepan, ‘izin ibu saya naik di depan’,” ujar Bharada E.

Di momen inilah Hakim Wahyu menanyakan kondisi Putri saat itu. Sebab, berdasarkan keterangan sebelumnya, istri Ferdy Sambo itu mengaku kurang sehat.

“Posisi Putri sakit?” tanya Hakim Wahyu.

“Biasa saja Yang Mulia,” ujar Bharada E.

“Beda pas saudara liat tanggal 4?” timpal hakim.

“Siap waktu tanggal 4 memang keliatan lemes Yang Mulia, saat itu tidak seperti tanggal 4,” kata Bharada E.

Adapun, Putri Candrawathi mengaku menderita berbagai penyakit sehingga hanya terkapar lemas di rumah Magelang, Jawa Tengah. Kondisi ini diklaim Putri sebagai awal mula terjadinya pelecehan.

"Sakit apa saudara?" tanya hakim dalam persidangan, Senin, 12 Desember.

"Saya pusing, saya memang suka pusing karena sejak tahun 2011 saya pernah jatuh dan ada sedikit cedera di bagian punggung belakang saya," jawab Putri.

Bahkan, Putri Candrawathi membeberkan semua penyakit yang dideritanya. Salah satunya kepalanya kerap pening karena dampak cidera di bagian punggung beberapa waktu lalu.

"Saya waktu itu karena cedera ada sedikit cedera di tulang punggung, saya juga punya gerd (lambung akut, red) dan HB saya suka rendah jadi saya suka pusing," sebut Putri.

"HB suka rendah, suka pusing, itu aja keluhan saudara?" tanya hakim menegaskan.

"Iya Yang Mulia. Saya juga punya vertigo," ungkap Putri.