Gerindra Bakal Kupas Program Yudo Margono saat <i>Fit and Proper Test</i> Calon Panglima TNI Siang Ini
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono (dok Dispenal)

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test sebagai calon Panglima TNI di Komisi I DPR hari ini, Jumat, 2 Desember.

Saat fit and proper test yang dijadwalkan pukul 13.30 WIB, anggota Komisi I DPR dari Fraksi Gerindra Sugiono mengaku bakal mendalami rencana dan program yang nanti dipaparkan Yudo Margono.

"Tidak ada isu khusus yang didalami, tapi nanti lihat rencana dan program beliau pada saat dilaksanakan fit and proper test," ujar Sugiono, Jumat, 2 Desember.

Menurut Sugiono, Yudo Margono merupakan sosok prajurit TNI yang profesional. Sehingga, kata dia, Presiden Jokowi sudah pasti mempertimbangkan dengan matang penunjukan Yudo sebagai calon tunggal panglima TNI.

"Beliau adalah sosok prajurit yang profesional. Saya yakin Pak Presiden juga pada saat mengirimkan surpres ke DPR sudah mempertimbangkan prajurit dengan prestasi yang terbaik di jajarannya," kata Wakil Ketua Harian DPP Partai Gerindra ini.

Terkait masa jabatan singkat Yudo dalam menjalankan tugas sebagai Panglima TNI, Sugiono menyebut hal itu tak masalah. Meski hanya 11 bulan menjabat, kata dia, Yudo pasti bisa memahami tugasnya untuk menjaga kedaulatan negara, termasuk juga pengamanan pemilu, tanpa memedulikan masa tugasnya.

"Namanya prajurit, tugas TNI kan menjaga kedaulatan negara ya. Tugas terkandungnya ya menjaga keamanan pada saat pemilu, jadi mau setahun, dua bulan atau tiga bulan enggak ada masalah," pungkas Sugiono.