Nilai Virus Melemah, Otoritas China Longgarkan Kebijakan COVID-19
Ilustrasi COVID-19 di Beijing China. (Wikimedia Commnons/Pau Colominas)

Bagikan:

JAKARTA - Otoritas China melunakkan sikapnya, termasuk melonggarkan beberapa pembatasan virus corona, setelah kemarahan atas pembatasan yang memicu protes di berbagai wilayah negara itu.

Beberapa kota di ekonomi terbesar kedua di dunia, meski masih melaporkan infeksi baru, mencabut penguncian distrik dan mengizinkan bisnis dibuka kembali.

Otoritas kesehatan yang mengumumkan pelonggaran tindakan, tidak menyebutkan protes, yang berkisar dari nyala lilin di Beijing hingga bentrokan dengan polisi di jalan-jalan Guangzhou pada Selasa dan di pabrik iPhone di Zhengzhou pekan lalu.

Demonstrasi menandai pertunjukan pembangkangan sipil terbesar di China daratan sejak Presiden Xi Jinping menjabat satu dekade lalu, datang ketika ekonomi akan memasuki era baru dengan pertumbuhan yang jauh lebih lambat daripada yang terlihat dalam beberapa dekade.

Meskipun jumlah kasus hampir mencapai rekor, Wakil Perdana Menteri Sun Chunlan, yang mengawasi upaya COVID, mengatakan kemampuan virus untuk menyebabkan penyakit melemah, lapor media pemerintah.

"Negara ini menghadapi situasi baru dan tugas baru dalam pencegahan dan pengendalian epidemi karena patogenisitas virus Omicron melemah, lebih banyak orang divaksinasi dan pengalaman dalam mengendalikan virus bertambah," kata Sun dalam komentar yang dilaporkan di media pemerintah, melansir Reuters 1 Desember.

Sun juga mendesak "optimalisasi" lebih lanjut dari kebijakan pengujian, perawatan dan karantina.

Penyebutan patogenisitas yang melemah, kontras dengan pesan sebelumnya dari pihak berwenang tentang kematian virus.

Kurang dari 24 jam setelah protes kekerasan di Guangzhou, pihak berwenang di setidaknya tujuh distrik dari pusat manufaktur yang luas di utara Hong Kong, mengatakan mereka mencabut penguncian sementara.

Satu distrik mengatakan akan mengizinkan kelas tatap muka di sekolah dilanjutkan, akan membuka kembali restoran dan bisnis lain termasuk bioskop. Beberapa perubahan sedang dilaksanakan.

Ribuan kawasan di Beijing timur mengizinkan orang yang terinfeksi dengan gejala ringan untuk diisolasi di rumah, menurut aturan baru yang dikeluarkan oleh komite lingkungan dan dilihat oleh Reuters.

Tetangga di lantai yang sama dan tiga lantai di atas dan di bawah rumah dengan kasus positif juga harus dikarantina di rumah, kata seorang anggota komite.

Itu jauh dari protokol karantina di awal tahun ketika seluruh kawasan dikunci, terkadang selama berminggu-minggu, bahkan setelah hanya satu kasus positif yang ditemukan.

Kawasan lain di sekitar mengadakan jajak pendapat online minggu ini tentang kemungkinan kasus positif diisolasi di rumah, kata penduduk.

"Saya tentu saja menyambut keputusan lingkungan perumahan kami untuk menjalankan pemungutan suara ini terlepas dari hasilnya," kata warga Tom Simpson, direktur pelaksana China di China-Britain Business Council.

Dia mengatakan, kekhawatiran utamanya adalah dipaksa masuk ke fasilitas karantina, di mana "kondisinya bisa sangat suram".

Sementara itu, Komentator nasionalis terkemuka Hu Xijin mengatakan dalam sebuah unggahan media sosial pada Hari Rabu, banyak pembawa virus corona tanpa gejala di Beijing sudah dikarantina di rumah.

Terpisah, Kota Chongqing di barat daya akan mengizinkan kontak dekat orang dengan COVID, yang memenuhi persyaratan tertentu, untuk dikarantina di rumah. Sementara Zhengzhou di China tengah mengumumkan dimulainya kembali bisnis secara "tertib", termasuk supermarket, pusat kebugaran, dan restoran.

Pejabat kesehatan nasional mengatakan minggu ini pihak berwenang akan menanggapi "kekhawatiran mendesak" yang diajukan oleh masyarakat, bahwa aturan COVID harus diterapkan secara lebih fleksibel, sesuai dengan kondisi suatu wilayah.

Diketahui, China melaporkan 36.061 infeksi COVID-19 pada Hari Rabu, 4.150 di antaranya bergejala dan 31.911 tanpa gejala, kata Komisi Kesehatan Nasional (NHC).

Itu dibandingkan dengan 37.828 kasus baru untuk Hari Selasa, ketika 4.288 bergejala dan 33.540 tidak bergejala, yang dihitung secara terpisah oleh China.

Tidak termasuk infeksi impor, China melaporkan 35.800 kasus baru untuk Hari Rabu, di mana 4.080 bergejala dan 31.720 tidak bergejala, turun dari 37.612 hari sebelumnya, menurut data NHC terbaru, yang dikeluarkan pada Hari Kamis.

Sementara itu, tidak adanya kematian baru, membuat jumlah kematian tetap di angka 5.233 orang. Hingga Rabu, China daratan telah mengonfirmasi 323.686 kasus Infeksi COVID-19 dengan gejala.