Presiden Amerika Joe Biden Terpeleset Naik Tangga Saat Berkegiatan di Hari Kedua KTT G20 Bali
Presiden AS Joe Biden berkegiatan di hari kedua KTT G20 Bali di Tahura Denpasar, Rabu 16 November. (Tangkapan layar YT Setkab)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, terpeleset saat memasuki area bawah pendopo atau wantilan Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

Insiden itu terjadi ketika Biden akan berkegiatan di hari kedua KTT G20 Bali di Tahura. Biden dan para pemimpin negara G20 dijadwalkan menanam bakau dan melihat proses konservasi hutan bakau di Indonesia.

Biden tiba di Tahura menggunakan mobil kepresidenan lapis baja Cadillac berjulukan The Beast pada Rabu 16 November pagi.

Beberapa anggota pasukan pengamanan khusus kepresidenan AS alias Secret Service mengelilingi The Beast ketika kendaraan yang ditumpangi Biden berhenti.

Secret Service bersiap di bagian depan dan belakang pintu penumpang The Beast. Tampak pula personel di sisi samping dan belakang mobil.

Setelah beberapa menit, berdasarkan laporan Antara, Biden baru turun kendaraan disambut langsung Presiden Joko Widodo tidak jauh dari titik berhentinya kendaraan.

Jokowi langsung menyambut tangan Biden dan keduanya berbincang singkat di wantilan, yang merupakan area menunggu dan bersantai untuk para tamu negara di Tahura.

Biden, yang mengikuti Jokowi menaiki anak tangga untuk sampai wantilan, sempat tersandung. Namun, Jokowi sigap meraih tangan Biden agar Presiden AS itu tidak terjatuh.

Kala itu, Biden mengenakan setelan jas berwarna biru donker, kemeja biru muda, dan kacamata hitam. Sedangkan tamu negara lain menggunakan baju lengan panjang putih berkerah lengkap dengan logo G20 Indonesia.

Namun, setibanya di dalam wantilan, Biden melepas jasnya dan duduk bersama tamu negara lainnya, salah satunya dengan Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sánchez.

Tidak lama setelah Biden tiba di lokasi, yang disusul tamu negara lain, di antaranya Presiden Prancis, Emmanuel Macron, dan Perdana Menteri India, Narendra Modi, acara pun dimulai.

Para tamu negara berjalan kaki menyusuri jembatan kayu di kawasan hutan bakau sambil mendengar paparan mengenai aksi konservasi bakau di Tahura Ngurah Rai Bali.​