Sejumlah Momen di KTT G20 Bali: Dari Ibu Iriana Terpeleset Hingga Menteri PUPR Jadi Fotografer Dadakan
Presiden Jokowi menyerahkan estafet Presidensi G20 ke PM India, Narendra Modi saat menutup KTT G20 Bali pada 16 November 2022. (Tangkapan Layar YouTube Setpres)

Bagikan:

JAKARTA - Rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 resmi berakhir pada, Rabu (16/11). Menghasilkan Deklarasi Pemimpin G20 Bali yang berisi 52 poin kesepakatan bersama negara anggota G20. Pada sesi penutup di Hotel Apurva Kempinski, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan tampuk presidensi G20 kepada India yang akan memegang presidensi G20 pada 2023.

“Selamat kepada India yang akan melanjutkan kepemimpinan presidensi G20 berikutnya, amanah untuk menjaga dan mewujudkan pemulihan global serta pertumbuhan yang kuat dan inklusif selanjutnya berada di tangan yang mulai Perdana Menteri Narendra Modi. Saya yakin di bawah kepemimpinan India G20 akan terus bergerak,” ucap Jokowi dalam pidatonya.

VOI merangkum sejumlah momen selama penyelenggaraan KTT G20 Bali, mulai dari kedatangan para kepala negara pada 14 November hingga penutupan konferensi, berikut ulasannya:

Ibu Iriana Terpeleset

Insiden kecil mewarnai kedatangan Presiden Jokowi bersama istrinya, Iriana di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali pada 14 November lalu. Ketika menuruni tangga pesawat, Iriana terpeleset hingga jatuh terduduk. Jokowi sigap menahan beban tubuh Iriana yang memegang tangannya dengan berpegangan ke besi pengaman tangga.

Ibu Negara, Iriana Jokowi saat jatuh terpelesat dari tangga pesawat. (Tangkapan Layar)

Paspampres yang melihat kejadian itu bergegas membantu Iriana. Namun, Jokowi menghalau dengan mengangkat tangan. Iriana kemudian berdiri dibantu dua staf yang datang dari dalam pesawat. Kondisinya baik tanpa cedera.

"Ibu negara kondisinya baik-baik saja," kata Bey saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Senin, 14 November.

Joe Biden dan Xi Jinping Bersalaman

Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China melakukan pertemuan khusus di sela KTT G20 Bali. Ini merupakan momen perdana Biden bertemu langsung dengan Jinping setelah dia terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat.

Mereka bertemu saat kondisi hubungan kedua negara kian tidak harmonis, baik dalam persaingan ekonomi maupun geopolitik. Semakin memanas ketika Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi mengabaikan penolakan China dan tetap mengunjungi Taiwan pada Agustus lalu.

Pemerintah China menganggap kunjungan itu sebagai upaya provokatif dan mengganggu kedaulatan China terhadap Taiwan. China kemudian menanggapinya dengan peluncuran uji coba rudal balistik di atas Taipei untuk pertama kalinya.

Presiden AS, Joe Biden bersalaman dengan Presiden China, Xi Jinping dalam KTT G20 Bali pada Senin 14 November 2022. (Twitter/@POTUS/president Biden/United States government official)

Keduanya sepakat menjaga keharmonisan dan tidak menolerir ancaman dan penggunaan senjata nuklir.

“Kami akan bersaing dengan penuh semangat. Tapi saya tidak mencari konflik, saya ingin mengelola kompetisi ini secara bertanggung jawab,” kata Biden.

Rishi Sunak dan Justin Trudeau Hangout

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dan Perdana Menteri Kanada Justin Truedau bersantai sejenak setelah tiba di Bali pada Senin (14/11).

Mereka berbincang hangat di salah satu kafe restoran di Kuta Selatan, Bali. Tampak santai menikmati minuman dan makanan ringan tanpa mengenakan jas resmi. Isu-isu strategis terkait kebijakan luar negeri seputar ekonomi dan politik di kawasan Indo-Pasifik juga menjadi topik obrolan.

PM Inggris, Rishi Sunak dan PM Kanada, Justin Truedau berbincang santai di salah satu kafe setelah tiba di Bali pada 14 November 2022. (Tangkapan layar Twitter)

Dalam video di media sosial, Trudeau terlihat memesan bir kepada seorang pelayan yang menghampirinya, sementara Sunak memilih Mango Spritz.

Trudeau dan Sunak membawa sejumlah misi dalam agenda G20 untuk memastikan dukungan bagi Ukraina melawan agresi militer Rusia.

Menlu Rusia Santai

Sesampainya di Bali pada 14 November 2022, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dikabarkan sakit dan harus mendapat perawatan di rumah sakit. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova membantah kabar tersebut. Dia memposting video Lavrov, tampak sehat dengan T-shirt dan celana pendek.

Menlu Rusia, Sergei Lavrov, yang dikabarkan sakit di Bali, sedang bersantai dengan mengenakan kaos dan celana pendek di kamar tempatnya menginap selama KTT G20 Bali. (American Chronicles)

“Mereka telah menulis tentang presiden kita selama 10 tahun bahwa dia jatuh sakit. Ini adalah permainan yang bukan hal baru dalam politik,” kata Lavrov dalam video tersebut.

Kantor berita negara Rusia Tass secara terpisah mengutip Lavrov yang mengatakan, "Saya di hotel, membaca materi untuk KTT besok."

Joe Biden Beri Hormat

Presiden Amerika Serikat Joe Biden memberi salam hormat kepada Presiden Jokowi yang menyambut kedatangannya di venue KTT G20 Bali, Hotel The Apurva Kempinski.

Presiden Jokowi tersenyum melihat Biden, mereka lalu bersalaman sambil berbincang singkat. Keduanya kemudian berfoto di depan latar dengan tulisan ‘G20 Indonesia 2022’.

Presiden AS, Joe Biden bersikap hormat saat bertemu Presiden Jokowi di ruang utama KTT G20 Bali. (Tangkapan Layar Youtube)

Meski menjadi kepala negara pertama yang datang ke Bali, Biden tiba ke venue KTT G20 Bali ketika semua kepala negara sudah berada di ruang meeting.

Susilo Bambang Yudhoyono dan Megawati Satu Meja

Delegasi negara peserta KTT G20 Bali mengikuti kegiatan gala dinner di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana pada 15 November 2022.

Kegiatan itu juga dihadiri para mantan presiden dan wakil presiden dan sejumlah pejabat pemerintah. Antara lain Try Sutrisno, Megawati, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Jusuf Kalla, Hamzah Haz, dan Puan Maharani.

Megawati Soekarnoputri dan SBY kompak mengenakan pakaian dengan warna senada ketika menghadiri gala dinner KTT G20 Bali pada 15 November 2022. (Tangkapan layar Twitter)

Mereka duduk bersama dalam satu meja. Megawati dan SBY kompak mengenakan pakaian dengan warna senada.

Foto kebersamaan mereka mendapat ragam komentar di Twitter. Wasekjen Partai Demokrat Jansen Sitindaon menuliskan, “Damai Indonesia.”

“G20 mencetak sejarah & momen langka. Joe Biden & Xi Jinping bersalaman. Megawati & SBY duduk satu meja,” kicau Mahasiswa genz, Rabu (16/11).

Menteri PUPR Jadi Fotografer Dadakan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mencuri perhatian. Ketika semua menteri mendampingi Presiden dan para delegasi KTT G20 Bali berkunjung ke Taman Hutan Raya (Tahura) Mangrove, Basuki justru tampak asyik dengan kameranya.

Dalam video yang beredar, Basuki bak fotografer profesional, terus bergerak memburu momen-momen menarik. Penampilannya bahkan tidak seperti menteri pada umumnya, mengenakan kaus berkerah warna putih dengan topi bertuliskan PUPR yang dikenakan terbalik.

Pak Bas, sapaan akrab Basuki memang kerap tampil apa adanya di hadapan publik. Tak hanya kali ini saja, dalam beberapa event sebelumnya, dia pun tak pernah sungkan untuk ngelawak dan menunjukkan kemampuannya bermain drum.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono jadi fotografer dadakan ketika delegasi KTT G20 berkunjung ke Tahura Mangrove, Ngurah Rai, Bali pada 16 November 2022. (Tangkapan layar Twitter)

Tak heran bila akun @nopal_ menuliskan di twitter, “Rutinitas Pak Basuki: Pagi-siang kerja utama jadi fotografer wisuda, event & ceremony. Sore – Malem sibuk freelance jadi menteri bangun jalan tol, pelawak & drummer.”

Aksi Pak Bas menjadi trending topic di twitter pada Rabu (16/11). Zulfikar Akbar menganggap pejabat seperti Pak Bas lah yang bisa masuk ke semua kalangan.

“Satu-satunya pejabat yang diterima semua kalangan, rasanya Cuma yang topinya muter ini doang,” kata Zulfikar di twitter.