Hadir di KTT G20 Bali adalah Ujian Pertama Kebijakan Luar Negeri PM Inggris Rishi Sunak
PM Inggris, Rishi Sunak tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali pada 14 November 2022. untuk menghadiri KTT G20. (Antara/Media Center G20 Indonesia/Fikri Yusuf)

Bagikan:

JAKARTA - Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak sangat menyesalkan Presiden Rusia Vladimir Putin tidak bisa menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (G20) di Bali pada 15-16 November 2022. Padahal, menurut Rishi, dialah yang harus bertanggung jawab terhadap krisis yang terjadi saat ini.

“Pria yang bertanggung jawab atas begitu banyak pertumpahan darah di Ukraina dan perselisihan ekonomi di seluruh dunia tidak akan hadir untuk menghadapi rekan-rekannya. Dia bahkan tidak akan berusaha menjelaskan tindakannya. Sebaliknya, dia akan tinggal di rumah dan kita semua akan melanjutkan tugas yang ada,” kata Sunak dilansir dari Gov.uk, Senin (14/11).

Ketika seluruh dunia sedang berupaya memulihkan diri akibat pandemi yang menghancurkan ekonomi setiap negara, Rusia justru memperburuknya dengan menginvasi Ukraina. Putin, kata Rishi menghambat ekspor biji-bijian Ukraina yang dua pertiganya masuk ke negara berkembang hingga mengakibatkan harga pangan global melonjak. Rusia juga mematikan keran gas hingga membuat tagihan energi meroket.

PM Inggris Rishi Sunak akan menyerukan tindakan global yang terkoordinasi untuk mengatasi ketidakstabilan ekonomi internasional dan meningkatnya biaya hidup dalam KTT G20 di Bali, Indonesia pada 15-16 November 2022. (Twitter/@RishiSunak)

Akibatnya, dua pertiga anggota G20 kini mengalami tingkat inflasi di atas tujuh persen dan IMF memprediksi sepertiga perekonomian dunia akan mengalami resesi tahun depan.

Saat ini, rakyat Ukraina masih sangat menderita akibat serangan Rusia yang terus berlanjut dan pemadaman listrik yang berkepanjangan dalam suhu yang hampir membekukan.

“Rusia sedang mencoba untuk mencekik ekonomi global. Kita harus bersatu untuk menghentikan mereka dan memulihkan stabilitas ekonomi,” tegas Rishi Sunak.

“Saya tahu bahwa orang-orang sedang berjuang. Di seluruh Inggris, keluarga merasakan tekanan. Toko mingguan harganya lebih mahal dari sebelumnya, dan orang-orang cemas tentang tagihan berikutnya yang akan mendarat di keset mereka. Jadi kami akan terus memberikan bantuan di dalam negeri, tetapi kami juga perlu melihat tindakan global yang terkoordinasi seperti yang kami lihat dalam menanggapi krisis keuangan tahun 2008,” ungkap Sunak.

Rencana Aksi Ekonomi

Dalam KTT G20, masih dari Gov.uk, Rishi Sunak akan menyerukan tindakan global yang terkoordinasi untuk mengatasi ketidakstabilan ekonomi internasional dan meningkatnya biaya hidup. Ada lima hal yang akan diutarakan Sunak:

  1. Memberikan dukungan mendesak di tempat yang paling dibutuhkan di musim dingin mendatang.

    “Kami membantu rakyat Ukraina karena infrastruktur nasional mereka diserang oleh pesawat tak berawak dan rudal - sama seperti kami mendukung orang-orang dengan tagihan energi mereka yang meningkat di Inggris dan mengambil tindakan untuk mencegah kelaparan di bagian dunia yang paling rentan,” kata Sunak.

  2. Mengakhiri persenjataan makanan Rusia. Mengambil tindakan segera untuk mendukung perdagangan pangan global untuk mengurangi biaya hidup bagi semua dan menyelamatkan nyawa mereka yang berisiko kelaparan. Ini termasuk menyerukan Inisiatif Butir Laut Hitam untuk diperbarui pada 19 November dan komitmen di seluruh G20 untuk tidak pernah mempersenjatai produksi dan distribusi pangan.

    “Saya mendukung Sekretaris Jenderal PBB untuk menjaga pengiriman biji-bijian tetap bergerak di Laut Hitam dan mendesak semua negara yang dapat memproduksi lebih banyak makanan atau melepaskan stok untuk melakukannya, untuk membantu meningkatkan pasokan,” ucap Sunak.

  3. Mengambil tindakan segera untuk melindungi keamanan ekonomi kita dan meningkatkan ketahanan kita terhadap aktor-aktor jahat.Ini berarti mengamankan rantai pasokan dan dengan cepat beralih dari ketergantungan energi dari negara-negara seperti Rusia.

    “Kita harus menunjukkan agresor otoriter bahwa kita berada di dalamnya untuk jangka panjang. Sebagai bagian dari upaya ini, kami akan bekerja dengan mitra untuk membuka investasi yang diperlukan untuk mempercepat transisi hijau. Cara terbaik untuk melindungi diri dari mereka yang terus-menerus menggunakan hidrokarbon untuk menggertak dan memaksa,” Sunak mengusulkan.

  4. Membuka perdagangan global. Ini termasuk dengan memajukan perjanjian perdagangan bebas bilateral dan melalui reformasi Organisasi Perdagangan Dunia.

    “Dunia membutuhkan WTO yang cocok untuk melepaskan peluang abad ke-21 sambil menangani manipulasi pasar global oleh aktor-aktor jahat. Inggris akan terus memimpin, memanfaatkan kebebasan Brexit kita untuk mengejar perjanjian perdagangan bebas di seluruh dunia. Kemakmuran dan keamanan kita berjalan beriringan,” tambah Sunak.

  5. Menyediakan pembiayaan yang jujur ​​dan andal untuk membantu negara berkembang tumbuh secara berkelanjutan. Memastikan bahwa sistem keuangan internasional memiliki daya tembak yang dibutuhkan untuk membantu negara berkembang tumbuh tanpa menjadi tergantung pada pemberi pinjaman mereka. Ini termasuk tindakan cepat untuk membantu negara-negara miskin mengelola beban utang mereka dengan lebih baik dan memberikan alternatif bagi negara-negara berkembang untuk meminjam dari sumber-sumber yang eksploitatif.

Rishi Sunak akan menggunakan G20 sebagai kesempatan untuk memanggil barbarisme Putin dan memaksa Rusia untuk menghadapi penderitaan global yang disebabkan oleh kampanye kekerasan yang tidak masuk akal ini.

Ilustrasi- Perang antara Rusia dan Ukraina belum berakhir hingga saat ini. (Wikimedia Commons/Mil.ru)

“Cara terbaik dan tercepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menarik diri Putin dari Ukraina. Tetapi sementara perang ini berlanjut, ekonomi paling kuat di dunia memiliki peran penting dalam mengatasi situasi ekonomi global yang putus asa,” tuturnya..

“Kami tidak akan membiarkan masa depan ekonomi kami disandera oleh tindakan negara nakal, sekutu kami juga tidak. Sebagai gantinya, kami akan mendukung Ukraina dan kami akan bekerja untuk memenuhi setiap elemen dari rencana lima poin tersebut, mempromosikan pasar bebas dan ekonomi global yang lebih kuat, lebih stabil, dan lebih tangguh, dan yang menghasilkan pengembalian pertumbuhan yang lebih cepat,” jelas Sunak.

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak tiba di Bali, Senin (14/11) sekira pukul 18.45 WITA untuk mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi G20. Tanpa didampingi sang istri, Sunak yang tampak mengenakan setelan jas berwarna hitam kemudian disambut oleh tarian khas Bali, yakni Tari Pendet. 

Ini kali pertama Rishi Sunak datang ke Indonesia usai terpilih menjadi Perdana Menteri Inggris menggantikan Liz Truss.