Perdana Raja Charles III Pimpin Remembrance Sunday, Dihadiri Rishi Sunak dan Tujuh Mantan PM Inggris
Raja Inggris Charles III saat memimpin Remembrance Sunday di London. (Twitter/@RoyalFamily)

Bagikan:

JAKARTA - Charles III memimpin peringatan Remembrance Sunday di London pada Hari Minggu untuk pertama kalinya sebagai Raja Inggris, meletakkan karangan bunga setelah mengheningkan cipta selama dua menit di tugu peringatan perang The Cenotaph.

Charles III , yang menjadi Raja setelah wafatnya Ratu Elizabeth II pada Bulan September, bergabung dengan anggota senior keluarga kerajaan lainnya, termasuk putranya dan pewaris Pangeran William. Istri sekaligus permaisurinya, Camilla, menyaksikan dari balkon gedung pemerintah di dekatnya, melansir Reuters 14 November.

Lonceng menandai dimulainya keheningan dua menit pada pukul 11.00 GMT, dengan lonceng Big Ben yang kembali berbunyi usai renovasi selama lima tahun sejak tahun 2017.

Kepala Staf Pertahanan Tony Radakin mengatakan, upacara untuk menghormati korban perang Inggris memiliki 'kepedihan tambahan' setelah wafatnya Ratu.

"Dia mewakili tugas dan pengabdian, tetapi juga martabat generasi masa perang itu dan semua yang mereka korbankan untuk kebebasan kita," katanya kepada BBC

Perdana Menteri Rishi Sunak, pemimpin partai politik oposisi, menteri senior dan perwakilan agama juga meletakkan karangan bunga selama upacara di Whitehall di pusat Kota London, yang dipagari oleh ribuan anggota masyarakat.

Upacara tersebut, yang juga dihadiri oleh tujuh mantan perdana menteri Inggris, diikuti dengan pawai yang melibatkan sekitar 10.000 veteran Royal British Legion, yang mewakili 300 angkatan bersenjata dan organisasi sipil yang berbeda.

Terpisah, Istana Buckingham mengatakan desain karangan bunga Raja memberikan penghormatan kepada karangan bunga kakeknya Raja George dan ibunya Elizabeth, dengan bunga poppy dipasang pada susunan daun hitam, dengan pita berwarna merah tua, ungu dan emas.