Ingin Pindah dan Bekerja di Eropa? Ini Negara-negara yang Mudah Memberikan Visa Kerja
Ilustrasi. (Unsplash/Anete Lūsiņa)

Bagikan:

JAKARTA - Eropa terkenal sebagai tempat yang sulit untuk pindah bagi warga non-Eropa, yang mencoba pindah dan bekerja di sana.

Bahkan, beberapa negara memiliki sejumlah aturan imigrasi paling ketat di dunia, seperti Liechtenstein dan Vatikan.

Tetapi, negara-negara di seluruh Eropa sekarang menghadapi kekurangan tenaga kerja yang parah, menyebabkan gangguan besar dalam beberapa bulan terakhir. Bahkan, banyak negara yang sekarang mempermudah pekerja migran yang ing pindah ke Uni Eropa untuk bekerja.

Berikut daftar negara yang memberikan kemudahan warga negara non-Eropa mendapatkan visa kerja, dilansir dari Euronews 10 November.

Jerman

Jerman baru-baru ini meluncurkan 'kartu peluang' baru untuk menarik pekerja migran terampil. Dengan menggunakan sistem poin, 'Chancenkarte' memungkinkan mereka yang mencari pekerjaan di Jerman untuk pindah ke negara tersebut sebelum mendapatkan pekerjaan atau magang, daripada harus melamar dari luar negeri.

Pelamar harus berusia di bawah 35 tahun, memiliki kemampuan bahasa yang memadai untuk tinggal di negara tersebut dan setidaknya tiga tahun pengalaman profesional di CV mereka.

Mereka juga perlu membuktikan mampu membayar biaya hidup, selama mereka berada di Jerman sebelum mendapatkan pekerjaan.

ilustrasi imigrasi
Ilustrasi. (Unsplash/Daniel Schludi)

Denmark

Denmark juga sangat membutuhkan pekerja di semua jenis industri, sedang mencari profesional dari negara lain untuk turun tangan dan membantu.

Pekerja terampil diperlukan dari bidang-bidang seperti sains dan teknik hingga profesional hukum dan perawatan kesehatan, dari guru dan spesialis TI hingga tukang listrik, pandai besi dan pekerja logam.

Daftar lengkap profesional yang dibutuhkan tersedia di Daftar Positif untuk Orang dengan Pendidikan Tinggi dan Daftar Positif, untuk Pekerjaan Terampil yang diterbitkan oleh Badan Perekrutan dan Integrasi Internasional Denmark (SIRI). Daftar tersebut diperkenalkan pada 1 Juli dan akan tetap berlaku hingga 31 Desember.

Jika Anda ditawari pekerjaan di satu industri yang termasuk dalam dua daftar, Anda dapat mengajukan permohonan izin tinggal dan izin kerja Denmark.

Izin tinggal Anda akan berlaku selama masa kerja, jika Anda memiliki kontrak lebih pendek dari empat tahun atau empat tahun jika lebih lama.

Jika Anda melamar pekerjaan dalam daftar dari luar negeri, Anda akan diberikan izin tinggal yang berlaku selama satu bulan sebelum Anda mulai bekerja, sehingga Anda dapat menetap di negara itu, asalkan Anda membuktikan bahwa Anda dapat mempertahankan diri dalam periode itu.

Menurut statistik, saat ini ada 71.400 lowongan di sektor swasta di Denmark, dengan jumlah tertinggi lowongan pekerjaan ini berada di ibukota Kopenhagen.

Irlandia

Mendapatkan visa kerja relatif mudah di Irlandia, yang menawarkan sejumlah pilihan mulai dari jangka pendek hingga jangka panjang.

Meskipun harus sudah mendapatkan pekerjaan sebelum dapat melamar, negara ini secara aktif mencari pekerja migran untuk mengisi lowongan di sektor-sektor yang mengalami kekurangan yang signifikan.

Negara ini memiliki dua visa kerja utama, Izin Kerja Keterampilan Kritis untuk pekerja berketerampilan tinggi dan Izin Kerja Umum.

Yang pertama mencakup profesi yang dianggap penting untuk menumbuhkan ekonomi Irlandia, sedangkan yang kedua mencakup semua jenis pekerjaan.

Setelah menerima izin ini, relatif mudah bagi orang untuk mengajukan izin tinggal permanen di negara tersebut.

Irlandia juga menawarkan visa liburan kerja kepada warga negara Argentina, Australia, Kanada, Chili, Hong Kong, Jepang, Selandia Baru, Korea Selatan, Taiwan dan AS berusia antara 18 dan 30 atau 35 tahun.

Di bawah visa ini, pekerja migran dapat tinggal di negara tersebut hingga 12 bulan, dengan pengecualian warga Kanada yang dapat tinggal untuk jangka waktu hingga 24 bulan.

ilustrasi eropa
Ilustrasi. (Unsplash/Tomek Baginski)

Portugal

Portugal baru-baru ini meluncurkan visa jangka pendek, untuk pekerja yang berniat tinggal di negara itu hanya untuk satu musim. Di bawah Visa Kerja Portugal, Anda diizinkan untuk tinggal dan bekerja di negara tersebut untuk jangka waktu maksimum sembilan bulan.

Anda juga diperbolehkan bekerja di lebih dari satu perusahaan, selama itu untuk pekerjaan musiman.

Visa kerja jangka panjang lainnya akan tergantung pada profesi Anda. Aplikasi diketahui memakan waktu beberapa bulan sebelum diselesaikan. Tetapi, begitu berhasil mendapatkannya, Anda diizinkan untuk tinggal di Portugal selama satu hingga dua tahun.

Mereka yang telah tinggal di Portugal selama lima tahun dapat mengajukan permohonan untuk tinggal permanen, setelah itu mereka tidak perlu lagi mengajukan permohonan visa kerja.

Finlandia

Finlandia telah meluncurkan proses jalur cepat 14 hari untuk mendapatkan pekerja yang sangat terampil ke negara itu, serta keluarga mereka.

Mereka yang dapat memperoleh manfaat dari layanan ini ditetapkan oleh pemerintah Finlandia sebagai 'spesialis' dan wirausahawan pemula.

Setelah 90 hari di negara tersebut, pekerja non-Uni Eropa harus mengajukan izin tinggal.

Sementara itu, negara-negara lain di Uni Eropa termasuk Spanyol dan Italia baru-baru ini mengumumkan mereka sedang berupaya membuka lebih banyak peluang bagi pekerja non-Uni Eropa, dan akan segera menerbitkan daftar lowongan yang mereka perlukan untuk diisi oleh pekerja migran.