Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Ingatkan Masyarakat Jaga Kerukunan Jelang Pemilu 2024
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengingatkan masyarakat dapat berperan dalam menjaga kerukunan umat beragama. (foto: dok. antara)

Bagikan:

BANDARLAMPUNG -  Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengingatkan masyarakat dapat berperan dalam menjaga kerukunan umat beragama menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Dalam suasana kebersamaan terutama memperingati Sumpah Pemuda kemarin, Lampung yang dikenal multikultural harus bisa menjaga kebersamaan," ujar Arinal Djunaidi, di Bandarlampung, Sabtu, 29 Oktober.

Ketua DPD Partai Golkar Lampung ini mengatakan kebersamaan antarlintas agama tersebut harus terus dilakukan untuk menghindari konflik sosial dan perpecahan di tengah masyarakat, utamanya menjelang pelaksanaan pesta demokrasi.

"Sebentar lagi pemilu semua harus dijaga agar tetap kondusif, agama tidak bisa dipolitisasi. Dan kata kunci agar semuanya kondusif adalah adanya kebersamaan dalam membangun Lampung," kata Arinal seperti dikutip Antara.

Arinal melanjutkan, tokoh agama diharapkan untuk ikut serta dalam mengingatkan dan mengedukasi masyarakat untuk menghindari perpecahan.

"Tahun ini pemilihan umum untuk presiden, gubernur, bupati, dan legislatif dilakukan pada tahun yang sama. Jadi untuk menghindari perpecahan perlu peran serta tokoh agama untuk mengingatkan bahwa kebersamaan toleransi antarpemeluk agama itu penting untuk menghindari perpecahan," ujarnya lagi.

Menurut dia, dengan sikap toleransi tersebut juga dapat membantu menjaga stabilitas ekonomi daerah yang saat ini mulai kembali bergeliat.

"Ekonomi Lampung ini mulai stabil dan bergeliat, oleh karena itu tokoh agama harus terus mengedukasi agar situasi tetap kondusif. Jadi ekonomi bangkit, situasi politik stabil dan semua saling bersinergi membangun Lampung," ujar Arinal.

Ia menambahkan diraihnya Penghargaan Penanganan Konflik Sosial Tingkat Nasional pada tahun 2019 dan tahun 2020 dari pemerintah pusat kepada Pemerintah Provinsi Lampung menjadi wujud nyata situasi di daerahnya kondusif.