Penasihat Presiden Zelensky Perkirakan Perang Besar akan Terjadi di Kherson
Ilustrasi militer Rusia. (Sumber: Kementerian Pertahanan Rusia/Dmitry Shutov)

Bagikan:

JAKARTA - Pejabat senior Ukraina memperkirakan perang besar akan terjadi di provinsi selatan Kherson yang sebagian diduduki Rusia, menyebut militer negara itu tengah bersiap menghadapi gerak maju pasukan Kyiv.

Ibu kota wilayah dan pelabuhan sungai Kherson, yang memiliki populasi sebelum perang sekitar 280.000, adalah pusat kota terbesar yang masih diduduki Rusia sejak merebutnya pada awal invasi ke Ukraina delapan bulan lalu.

Pasukan Ukraina tampaknya tidak mendapatkan banyak keuntungan dalam serangan balasan mereka di Kherson sejak awal Oktober, ketika Rusia mengklaim telah mencaplok provinsi itu dan tiga lainnya, sebuah langkah yang dikutuk oleh 143 negara di PBB sebagai "upaya pencaplokan ilegal".

"Dengan Kherson semuanya jelas. Rusia mengisi kembali, memperkuat pengelompokan mereka di sana," Oleksiy Arestovych, penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, mengatakan dalam sebuah video online pada Selasa malam, melansir Reuters 26 Oktober.

"Itu berarti tidak ada yang bersiap untuk mundur. Sebaliknya, pertempuran besar akan terjadi untuk Kherson," menurut Arestovych, yang tidak mengatakan kapan pertempuran itu akan terjadi.

Dari empat provinsi yang dicaplok Presiden Rusia Vladimir Putin, Kherson bisa dibilang yang paling penting secara strategi. Ini mengendalikan satu-satunya rute darat ke semenanjung Krimea yang direbut Rusia pada tahun 2014 dan mulut Dnipro, sungai besar yang membelah Ukraina.

Selama berminggu-minggu, para pejabat di pemerintahan Kherson yang didukung Rusia telah menyiarkan peringatan pasukan Ukraina akan menyerang kota, telah mengevakuasi ribuan warga sipil dengan perahu ke tepi timur Dnipro dari tepi barat.

Di wilayah Mykolaiv utara dan barat kota Kherson, duel artileri berkecamuk sepanjang Selasa, menurut sebuah unggahan dari garis depan di Rybar, saluran pro-Rusia di aplikasi perpesanan Telegram.

Sementara di distrik Ishchenka utara Kherson, pasukan Ukraina mencoba untuk mengkonsolidasikan posisi mereka, tetapi dipaksa kembali ke garis sebelumnya, kata pos tersebut. Dikatakan, militer Ukraina sedang mempersiapkan kemajuan di sepanjang garis depan.

Diketahui, kekalahan Rusia di Kherson akan menjadi salah satu kemunduran terbesarnya dalam konflik tersebut.

Sementara, penduduk desa terpencil dekat garis depan di Kherson mengatakan, mereka berharap pasukan Rusia yang telah menembaki mereka di masa lalu akan segera mundur.

"Anda tertidur di malam hari dan Anda tidak tahu apakah Anda akan bangun," kata Mikola Nizinets, ketika puluhan penduduk desa menunggu untuk mengambil air, paket makanan, dan tungku pembakaran kayu sederhana yang dikirim oleh sukarelawan bantuan.

Tanpa listrik atau gas dan sedikit makanan atau air minum di daerah itu, banyak penduduk telah melarikan diri dari wilayah tersebut.