Ridwan Kamil Bahas Kondisi Jabar hingga Politik Nasional Saat Bertemu Agung Laksono
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (DOK FOTO: BNPB)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua PDK Kosgoro 1957 Jabar Aria Girinaya menyebut pertemuan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengna Ketua Dewan Pakar Golkar Agung Laksono sebatas silaturahmi. Dalam pertemuan santai itu, disinggung juga isu politik termasuk di kancah nasional.

"Silaturahmi. Santai, sambil ngopi antara anggota Wantimpres dengan Ridwan Kamil. Yang hadir kader Kosgoro 1957, juga pengurus Golkar Jabar. Karena Agung Laksono juga orang Kosgoro 1957," ujar Aria kepada wartawan, Kamis, 30 September. 

Aria mengungkapkan, Ridwan Kamil banyak mendapatkan nasihat dari Agung Laksono. Dia pun tidak menampik, bila dalam pertemuan tersebut juga membahas banyak hal terkait berbagai isu Jabar dan nasional. 

"Ridwan Kamil memaparkan soal pembangunan di Jawa Barat, prestasi, problem dan solusi. Isu sosial politik yang sedang terjadi di Jawa Barat dan nasional. Dan Pak Agung Laksono memberikan nasihat kepada Ridwan Kamil agar terus bekerja untuk warga Jawa Barat," ungkap Aria.

"Obrolan santai juga membahas mau lanjut Gubernur Jabar dua periode atau Gubernur DKI Jakarta atau malah ke nasional," imbuhnya.

Aria mengakui, Agung Laksono memang menyinggung soal kapan dan ke mana Ridwan Kamil akan bergabung dengan partai politik. Namun, kata dia, pria yang akrab disapa Emil itu tidak secara gamblang menjawab pertanyaan tersebut.

"Beliau bilang, dia orang yang paling realistis dalam politik, yang terbuka paling lebar adalah jadi gubernur dua periode di Jabar. Namun banyak yang dorong untuk beresin DKI, kalau soal RI 1 atau 2 itu ranah para ketua umum partai," bebernya.

Menurut Aria, peluang Ridwan Kamil bertarung di tiga kontestasi pemilihan itu sangat terbuka. Meski masih menunggu keputusan politik, kata Aria, pembicaraan terkait Ridwan Kamil maju ke Pilgub DKI Jakarta menjadi obrolan yang menarik peserta pertemuan.

"Hasil survei di Jabar elektabilitas Ridwan Kamil sudah 70 persen, di DKI nomor 1 Kalau tidak ada Pak Anies. Di nasional Ridwan Kamil konsisten nomor 3 atau 4 di sejumlah hasil survei," kata Aria.

Meski banyak membicarakan soal politik, namun Aria mengatakan, pertemuan itu tidak ada hubungannya dengan isu Ridwan Kamil berlabuh ke parpol. 

"Pertemuan berlangsung akrab dan hangat. Pak Agung Laksono, sekali lagi banyak memberikan nasihat, saya kira itu inti pertemuan kami," kata Aria.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono, membenarkan adanya pertemuan antara Ridwan Kamil dengan sejumlah pimpinan Golkar Jabar. Namun, Dave enggan membeberkan kapan dan di mana pertemuan itu berlangsung. 

Dave hanya mengatakan, pertemuan itu dilakukan dalam rangka silaturahmi antar orang Jawa Barat.

"Silaturahmi sesama urang Jabar," ujar Dave, Kamis, 29 September.

Terkait apakah pertemuan tersebut membahas soal Ridwan Kamil yang akan bergabung ke Golkar, Dave meminta untuk menunggu kabar resmi pada akhir tahun ini. 

"Tunggu November," kata Dave.