Bagikan:

JAKARTA - Langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi Jawa Barat sebagai provinsi dengan capaian investasi terbaik di Indonesia disoroti Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis Agung Baskoro. Menurutnya, yang disampaikan kepala negara adalah bentuk dukungan atau endorsement terhadap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Adapun apresiasi ini disampaikan Jokowi saat saat meresmikan operasional Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi II, Jumat kemarin, 4 Agustus. Ridwan Kamil atau Kang Emil mendampingi presiden ketika itu.

Dalam momentum tersebut, Presiden Jokowi menyebut bertumbuhnya investasi di Jabar karena banyaknya pembangunan jalan tol. Pujian ini kemudian disebut sebagai bentuk dukungan.

Endorsement dari Pak Presiden itu bisa dilihat dari sikap, perilaku, kemudian ucapan dan tindakan-tindakan politik,” kata Agung kepada wartawan dikutip Sabtu, 5 Agustus.

Bukan hanya politik, Jokowi juga dinilai punya kedekatan personal dengan Ridwan Kamil. Apalagi, keduanya kerap bertemu beberapa waktu belakangan seperti saat menjajal LRT Jabodebek dan rapat bersama.

Kemudian Ridwan Kamil juga dianggap Agung menjadi salah satu dari tiga gubernur di Jawa yang punya hubungan dekat dengan Jokowi. “Dalam konteks (endorsement-red) RK misalkan bisa terlihat dari ucapannya,” ujar dia.

Ridwan Kamil dianggap merespons dukungan itu dengan memberikan rasa hormat. Penghormatan itu terlihat ketika Presiden Jokowi memuji Jabar yang dibalas sikap membungkuk Ridwan Kamil.

Lebih lanjut, endorsement ini bisa jadi modal bagi Ridwan jika maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Sebab, dia punya elektabilitas yang baik karena kinerja di Provinsi Jabar.

"Hal tersebut dikuatkan dari sejumlah hasil survei," kata Agung. “Tingkat kepuasannya (Ridwan Kamil, red) juga cukup bagus,” pungkasnya.